jokowidodo
Presiden Joko Widodo bersama Ibu Iriani Joko Widodo didampingi Menteri Pertanian Syahril Yasin Limpo, saat meninjau Food Estate di kawasan Embung Bansari, Desa Bansari, Kecamatan Bansari, Kabupaten Temanggung. Foto: Istimewa.

EMANGGUNG, (SUARABARU.ID)-Presiden RI Joko Widodo berharap tanaman bawang merah yang ditanam di lereng Gunung Sindoro, tepatnya di Desa Bansari, Kecamatan Bansari, Kabupaten Temanggung produksinya meningkat.

“Kita harapkan nanti produktivitasnya bisa meningkat dan juga yang paling penting juga disiapkan off taker  ( penyalur) yang membeli dari bawang merah yang kita tanam tadi ,” kata Presiden Joko Widodo usai menanam bawang merah bersama petani di lahan seluas 339 hektar di Desa Bansari, Kecamatan Bansari, Kabupaten Temanggung,  Selasa ( 14/12/2021).

Ia juga meminta agar harga jual bawang merah dari para petani bawang merah di Temanggung tidak dipermainkan oleh para tengkulak.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengatakan, dengan produktivitas yang semakin baik dan intervensi  pada bibit, maka  pendapatan petani bawang akan meningkat. Selain itu, penanaman bawang merah tersebut juga  akan terus didampingi dari Kementerian Pertanian

Ia juga berjanji akan memonitor perkembangan dari produktivitas bawang  merah di Temanggung. Untuk memastikan hasil panen bawang merah yang ditanam tersebut  bisa menghasilkan berapa ton dan juga berapa ongkos produksinya.

“Karena kita dapat memastikan kalau nanti panen sudah terjadi berarti per hektar mendapatkan berapa ton, kemudian ongkos diproduksinya berapa. Sehingga ketemu betul bahwa para petani memang mendapatkan keuntungan dari menanam bawang merah ini,” kata mantan Gubernur DKI Jakarta ini.

Pada penanaman bawang merah yang dilakukan di aera food estate ( lumbung pangan) yang ada di sekitar embung Bansari tersebut, turut serta Ibu Iriani Joko Widodo, Menteri Pertanian Syahril Yasin Limpo, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan  Bupati Temanggung Muhammad Al Khadziq.

Sebelum melanjutkan kunjungannya di wilayah Kabupaten Wonosobo untuk  meninjau kawasan food estate di Desa Lamuk, Kecamatan Kalikajar, mantan Wali Kota Solo meresmikan empat embung dari 66 embung yang telah dibangun di tahun 2021

Empat embung yang diresmikan tersebut, yakni Embung Bansari di Kabupaten Temanggung, Embung Pagergunung dan Embung Dukun di Kabupaten Magelang serta Embung Tlogoguwo Kabupaten Purworejo. Yon