blank
Bek sayap Tottenham Hotspur Sergio Reguilon meluapkan kegembiraannya seusai mencetak gol ke gawang Leeds United dalam lanjutan Liga Inggris di Stadion Tottenham Hotspur, London, Inggris, Minggu (21/11/2021) waktu setempat.

JAKARTA (SUARABARU.ID) – Tottenham Hotspur memetik kemenangan pertama pertandingan Liga Inggris era kepelatihan Antonio Conte saat bangkit dari ketertinggalan untuk mengatasi Leeds United 2-1 dalam laga pekan ke-12 di Stadion Tottenham Hotspur, London, Minggu waktu setempat (Senin WIB).

Tottenham tampil amat buruk tanpa mencatatkan satu pun tembakan tepat sasaran sepanjang babak pertama dan harus tertinggal 0-1 dari Leeds akibat gol Daniel James pada menit ke-44.

Mantan pemain Manchester United itu begitu leluasa tanpa kawalan di area tiang jauh gawang Tottenham untuk menyelesaikan umpan silang nan akurat kiriman Jack Harrison.

Conte memberi ceramah panjang di ruang ganti karena penampilan Tottenham berubah drastis sejak awal babak kedua dan kiper Illan Meslier langsung dipaksa sibuk mengamankan gawang Leeds dari tembakan Harry Kane di area tiang dekat.

Pada menit ke-52 peluang apik Tottenham lain dari tendangan voli Son Heung-min berakhir membentur mistar gawang setelah sempat berbelok terkena halauan Diego Llorente.

Enam menit kemudian, kerja keras tuan rumah membuahkan hasil saat Lucas Moura memanfaatkan kelalaian konsentrasi lini belakang Leeds untuk mengirim umpan ke dalam kotak penalti guna disambut sontekan Pierre-Emile Hojbjer sehingga skor berubah 1-1.

Momentum Tottenham berlanjut dan Sergio Reguilon membawa timnya berbalik memimpin 2-1 pada menit ke-69 lewat kesigapannya menyambar bola liar hasil tendangan bebas Eric Dier yang memantul mengenai tiang gawang.

Dua menit kemudian, insiden terjadi di dalam kotak penalti Tottenham saat bola tembakan keras Joe Gelhardt mengenai tangan Kane, tetapi VAR menilai tidak ada unsur kesengajaan sehingga Leeds tak mendapatkan hadiah tendangan penalti.

Tottenham menjaga keunggulan 2-1 mereka hingga peluit bubaran, kendati Leeds terus membombardir pertahanan tuan rumah.

Kemenangan pertama bersama Conte ini mengangkat Tottenham ke posisi ketujuh klasemen dengan 19 poin, sedangkan Leeds (11) tertahan pada urutan ke-17 setelah disalip Aston Villa (13) dan Watford (13) kemarin, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Leeds selanjutnya bertandang ke Stadion Amex menghadapi Brighton & Hove Albion pada Sabtu (27/11), sedangkan Tottenham sehari berselang melawat ke Turf Moor melawan Burnley.

Tottenham bakal berusaha memperbesar asa lolos dari fase grup Liga Europa saat terbang ke Slovenia menghadapi Mura pada Kamis (25/11).

Ant/Muha