blank
Halal Bihalal yang diselenggarakan oleh Campus Ministry (CM) UKSW. Foto: Dok/UKSW

SALATIGA (SUARABARU.ID) – Suasana kebersamaan kental terasa dalam kegiatan Halal Bihalal yang diselenggarakan oleh Campus Ministry (CM) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) di Balairung Universitas pada Jumat (26/4/2024) malam.

Kegiatan yang mengangkat tema “Idul Fitri Meneguhkan Kepedulian dalam Bingkai Satu Hati” ini diikuti ratusan peserta yang terdiri dari dosen, tenaga kependidikan (tendik), dan mahasiswa UKSW serta sejumlah civitas academica dari Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga.

Dalam acara tersebut, Rektor UKSW Prof. Dr. Intiyas Utami, S.E., M.Si., Ak., menyampaikan sambutan hangatnya kepada seluruh peserta. “Kami mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada para tamu dan seluruh peserta yang sudah hadir,” ungkapnya.

Rektor Intiyas menerangkan, sebagai kampus Kristen yang berada di tengah-tengah kota yang toleran di Indonesia yakni di Salatiga, keberadaan UKSW menjadi simbol kemajemukan. “UKSW yang dikenal dengan Indonesia Mini ini juga menyediakan ruang ibadah bagi warga kampus yang beragama lain untuk menjalankan ibadah mereka,” jelasnya.

Ia menuturkan bahwa acara ini merupakan bingkai kepedulian bukan sekedar seremonial tetapi sebagai gerakan kerja Satu Hati (Sinergis, Patuh, Harmonis, Teladan, dan Integritas). “Bingkai kepedulian Satu Hati menjadi tema kegiatan ini. Kami ingin mengajak civitas academica UKSW untuk terus berkolaborasi dan berkomunikasi dengan baik dalam mewujudkan kepedulian,” terangnya.

Disampaikannya, untuk pertama kalinya UKSW mengadakan kegiatan Halal Bihalal bagi warga kampus yakni dosen, tendik, dan mahasiswa yang beragama Islam. “Kami menyadari tidak mungkin kampus ini berdiri sebagai kampus yang soliter, UKSW harus berdiri sebagai keluarga. Civitas academica yang beragama Islam tidak menjadi masalah di kampus ini,” imbuhnya.

Menumbuhkan kepedulian

Sementara itu,  Kepala Campus Ministry UKSW Pdt. Dr. Ferry Nahusona, M.Si., menerangkan, sedikitnya 2000 mahasiswa di UKSW beragama Islam, oleh karena itu acara ini diharapkan menjadi wadah untuk menumbuhkan kepedulian satu dengan yang lain.

Pdt. Dr. Ferry mengungkapkan, tema Halal Bihalal ini berkaitan dengan acara Asian Academic of Campus Ministry (AACM) yang akan dilaksanakan di UKSW. ”Kegiatan hari ini dalam rangka menyongsong acara AACM dengan bingkai utamanya yakni tentang Multi Faith dengan aksi Creating a Culture of Care,” ujarnya.