blank
Halal Bihalal yang diselenggarakan oleh Campus Ministry (CM) UKSW. Foto: Dok/UKSW

Hadir dalam acara, Wakil Rektor Bidang Keuangan, Infrastruktur, dan Perencanaan (WR KIP) Priyo Hari Adi, S.E., M.Si., Ph.D., Ak., Rektor ketiga UKSW periode 1983-1993 Prof. Dr (HC). Willi Toisuta, Ph.D., Penjabat (Pj) Wali Kota Salatiga Yasip Kashani, S.IP., M.M., dan Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Kota Salatiga AKBL Aryuni Novintasari, M.Psi., M.Si., Psikolog., bersama jajarannya.

Dalam kesempatan ini, Yasip Kashani menyampaikan rasa kagumnya kepada UKSW. “UKSW telah melakukan kolaborasi yang luar biasa. Jika ini terus dilakukan maka salatiga menjadi barometer yang harmonis dalam mencapai satu kesatuan pengabdian tanpa membedakan apapun,” ungkapnya.

Menurutnya, UKSW telah memberikan contoh makna sebuah keharmonisan dan harapannya hal ini dapat dilakukan pada institusi lainnya. “Melaksanakan kegiatan seperti ini dan menyediakan ruang ibadah untuk umat beragama lain menjadi satu hal yang menunjukan keharmonisan, terima kasih kepada Rektor UKSW,” katanya.

Melakukan kebaikan

Dalam acara Halal Bihalal kali ini dihadirkan narasumber tunggal yakni Dosen Filsafat UIN Salatiga Prof. Dr. Benny Ridwan, M.Hum., yang menyampaikan Tausiyah. Ia mengajak seluruh peserta untuk terus melakukan kebaikan dimana pun mereka berada.

Selain itu, Prof. Dr. Benny Ridwan juga membagikan empat hal penting yang harus dilakukan supaya tidak mengalami kerugian dalam hidup. “Empat hal tersebut adalah beriman, berbuat baik, melakukan tausiyah kebaikan, dan saling menasehati dalam kesabaran,” tambahnya.

Suasana tampak hangat saat seluruh peserta berdiri berdampingan melantunkan Sholawat secara bersama-sama. Tak hanya itu di akhir acara tersebut, seluruh peserta saling berjabat tangan sebagai tanda saling bermaaf-maafan. Acara ini juga dimeriahkan oleh penampilan qasidah Adz Dzikro dari mahasiswa UIN.

Acara Halal Bihalal diapresiasi positif oleh para peserta, salah satunya Muhamad Sidik Pramono, S.H., mahasiswa dari Program Studi (Prodi) Magister Sosiologi Agama Fakultas Teologi. “Saya sangat bangga dengan UKSW, walaupun kampus Kristen tetapi tetap menghargai kami yang muslim. Ini sebagai contoh baik mengenai keberagaman,” ucapnya.

Sedangkan Agus Irawan Prakoso, S.Pd., Kepala Sub Bagian Manajemen Ruang dari Direktorat Infrastruktur dan Digitalisasi (DID) juga menyampaikan, jika acara seperti ini dapat mempererat kekeluargaan civitas academica UKSW. 

Ning S