Pedagang pasar Kliwon mendapatkan voucher makan usai menjalani vaksinasi. Foto:Suarabaru.id

KUDUS (SUARABARU.ID) – Rumah Sakit Mardi Rahayu Kudus yang menggelar vaksinasi massal untuk pedagang dan pengunjung Pasar Kliwon Kudus, Sabtu (20/11). Kegiatan yang bertajuk serbuan vaksinasi ini menggunakan vaksin jenis Moderna.

Kegiatan tersebut dipusatkan di pintu utama pasar Kliwon untuk menjaring peserta dari kalangan pedagang dan pengunjung. Sebanyak 300 dosis vaksin Moderna yang disiapkan, habis dalam tempo waktu dua jam pelaksanaan vaksinasi.

Untuk menarik minat peserta, panitia juga memberikan voucher makan gratis yang bisa ditukar di semua PKL yang ada di lingkungan pasar Kliwon. Panitia juga memberikan merchandise kepada semua peserta.

“Ini menunjukkan antusiasme pedagang dan pengunjung pasar Kliwon cukup tinggi untuk ikut vaksinasi,”ujar Dirut RS Mardi Rahayu Kudus, dr Pujianto.

Pujianto menambahkan, pasar Kliwon yang merupakan pusat kerumunan terbesar di Kudus, merupakan kawasan yang rentan penularan Covid-19.

Oleh karena itu, pihaknya sengaja menjadikan pasar Kliwon sebagai sasaran serbuan vaksinasi, agar tercipa kekebalan komunal di lingkungan tersebut.

Kami juga ingin memberi edukasi kalau vaksinasi bisa dilakukan di mana saja termasuk pasar. Jadi, masyarakat tak perlu takut vaksin,”tukasnya.

Dirut RS Mardi Rahayu Kudus dr Pujianto. Foto:Suarabaru.id

Disinggung soal vaksin Moderna yang diberikan, Pujianto menyatakan kalau vaksin jenis tersebut aman digunakan. Dari sekian penyuntikan vaksin Moderna, tidak dijumpai efek samping yang berlebihan.

“Jangan percaya hoaks vaksin, vaksin ini masker dari dalam, sehingga imunnya bertambah,” ujarnya.

Hadiah atau doorprize berupa sejumlah peralatan elektronik pun disiapkan guna memancing minat pengunjung maupun pedagang Pasar Kliwon untuk divaksin. Selain itu, peserta vaksin juga turut diberi kupon makan di PKL-PKL Pasar Kliwon.

“Itu diberikan kepada mereka setelah melaksanakan vaksinasi, sehingga yang vaksinasi di sini bisa imun tambah, perut kenyang, hati senang,” pungkasnya.

Salah satu pedagang Pasar Kliwon, Kristianti mengatakan senang bisa mengikuti vaksinasi ini. Mengatakan jika baru sempat melakukan vaksin karena setiap hari harus bekerja di toko Pasar Kliwon.

“Tidak sempat vaksin di Puskesmas atau tempat lain. Jadi, pas ada vaksinasi di pasar saya langsung ikut,”ujarnya.

Terkait jenis vaksin Moderna yang digunakan, Kristiantii juga mengaku tidak merasakan efek yang berlebihan. Beberapa saat usai divaksin, dia merasa baik-baik saja.

“Paling cuma pegal di bekas suntikan. Untuk efek lainnya tidak ada,”tandasnya.

Tm-Ab