blank

JEPARA(SUARABARU.ID) – Juara lomba desa tingkat Kabupaten Jepara tahun 2024, diharap mempertahankan prestasi pada lomba desa/kelurahan tingkat Provinsi Jawa Tengah. Pemenang lomba ini akan segera diumumkan oleh Penjabat (Pj.) Bupati Jepara Edy Supriyanta.

“Pemenangnya akan segera diumumkan oleh Pak Pj. Bupati. Rangking satu akan mewakili Jepara ke tingkat provinsi. Saya harap prestasi desa dari Jepara yang selalu menjadi juara satu, bisa dipertahankan,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Jepara Edy Sujatmiko di Ruang Rapat R.M.P. Sosrokartono pada Selasa (30/4/2024). Saat menyampaikan hal tersebut, Edy Sujatmiko yang disertai Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat, dan Desa (Dinsospermasdes) Edy Marwoto serta Kabid Bina Pemdes Dinsospermasdes Muhammad Taufik, membuka rapat pleno tim lomba desa Kabupaten Jepara tahun 2024.

Harapan mempertahankan prestasi itu karena sebelumnya, dua wakil dari “Kota Ukir” berhasil menjadi juara di tingkat provinsi. Keduanya adalah Desa Plajan (2023) dan Desa Tanjung (2022) yang sama-sama berasal dari Kecamatan Pakisaji.

Menurut Edy Sujatmiko, untuk mendukung pemenang lomba desa tahun 2024 mempertahankan prestasi itu, Pemkab Jepara akan memberikan pendampingan.

Dalam tahapan penilaian yang dilakukan, delapan desa yang tahun ini lolos ke penilaian akhir, telah melakukan presentasi di depan Pj. Bupati Jepara Edy Supriyanta. Nilai presentasi dan video profil, akan direkapitulasi bersama penilaian klarifikasi lapangan. Terdapat tujuh bidang dalam klarifikasi lapangan yang dinilai, yakni pemerintahan, kewilayahan, kemasyarakatan, penanganan masalah sosial, inovasi, swadaya, hingga pemerintahan berbasis elektronik.

“Akan ditetapkan juara 1 sampai harapan 3 yang ditetapkan sebagai pemenang tingkat kabupaten,” kata Sekda Edy Sujatmiko.

Kedelapan desa yang masuk penilaian tahap akhir adalah Bandengan (Kecamatan Jepara), Slagi (Pakisaji), Telukawur (Tahunan), Jambu (Mlonggo), Bucu (Kembang), Kaligarang (Keling), Banyumanis (Donorojo), dan Batukali (Kalinyamatan).

 

Bakolkopi