blank
Para dosen USM sedang berfoto bersama peserta pelatihan manajemen pemeliharaan ternak di Purworejo. Foto: USM

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Dosen Universitas Semarang (USM) menggelar pengabdian kepada masyarakat berupa pembinaan dan penyuluhan di Kelompok Wanita Tani Ternak (KWTT) Bina Lestari Dukuh Wunud Desa Tangkisan Kecamatan Bayan, Purworejo yang diikuti 20 peserta pada 13 November 2021.

Tim terdiri atas empat dosen masing-masing Iswoyo MP, Dr Ttitin Wianrti MM, Drs Wawan Setiawan MM, Endah Pujiastuti MH Mereka melakukan penyuluhan tentang manajemen pemeliharaan ternak.

“Manajemen pemeliharaan ternak yang berpengaruh pada kulitas daging, manajemen pemasaran produk-produk KWTT yang bernilai ekonomi, pemasaran online melalui aplikasi digital, dan aspek legal dalam melakukan usaha yang meliputi perijinan, sertifikasi halal, ijin usaha, dan lain-lain,” kata Iswoyo.

Menurutnya, manajemen pemeliharaan ternak akan mempengaruhi kualitas daging yang dihasilkan dari faktor pemeliharaan dan  pakan yang diberikan ke ternak.

“Pemberian  pakan yang baik dan berkualitas akan menghasilkan kuliatas daging yang baik dan berkualitas sehingga potensi genetik dari ternak yang bersangkutan akan muncul pada penampilan produksi daging pada umur tertentu” ungkap Iswoyo.

Hewan ternak yang masih dalam masa pertumbuhan, tambah Iswoyo, harus diperhatikan kualitas pakannya agar mampu menghasilkan bobot badan yang diinginkan pada umur tertentu dan kuliatas daging yang bagus.

Selain itu para dosen USM juga memberikan materi tentang aspek ekonomi, pemasaran hasil ternak pada KWTT Bina Lestari dan aspek legal hukumnya.

Saat ini KWTT Bina Lestari sudah memiliki bidang usaha selain peternakan yaitu usaha jamur, perikanan, dan sayuran. Semua produk peternakan dan usaha lain diberdayakan di kelompok tani tersebut diproses produksi menjadi berbagai produk olahan yang bernilai ekonomi seperti kripik jamur, jamur krispi, lele dan lain-lain.

KWTT Bina Lestari menggandeng USM untuk membantu membrikan pelatihan tentang variasi oalahan daging seperti sosis, naget, steak, bakso, pengemasan, pelabelan, dan pengurusan izin (PIRT).

Selain itu KWTT Bina Lestari juga diberikan materi bagaiamana memasarkan  produk-produk secara online agar bisa menjangkau berbagai kalangan dan lebih luas pemasarannya sehingga akan meningkatkan omzet.

USM