Ketua Penyelenggara KRTI tahun 2021 Prof Dody Ariawan dalam keterangan pers di Auditorium UNS, Jumat (12/11). Foto: Dok/UNS

SURAKARTA(SUARABARU.ID) – Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta terpilih sebagai tuan rumah penyelenggaraan Kontes Robot Terbang Indonesia (KRTI).

Kegiatan yang bakal digelar pada 15-20 November tahun 2021, diikuti 163 tim peserta dari 61 perguruan tinggi di Indonesia.

KRTI merupakan kompetisi yang diselenggarakan Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendibudristek). Kontes Robot Terbang Indonesia tahun 2021 akan melombakan empat divisi.

“Divisi yang dilombakan meliputi Divisi Racing Plane (RP), Divisi Fixed Wing (FW), Divisi Vertikal Teke-off and Landing (VTOL) dan Divisi Technologi Development (TD),” kata Ketua Penyelenggara KRTI tahun 2021 Prof Dody Ariawan dalam keterangan pers di Auditorium UNS, Jumat (12/11).

Prof Dody Ariawan yang juga Guru Besar Prodi Tehnik Mesin Fakultas Teknik (FT) UNS  sekaligus  Wakil Dekan I FT UNS lebih lanjut menjelaskan, tujuan digelarnya kompetisi yakni  guna memberikan sarana kepada mahasiswa dalam berkreasi dibidang aerodinamis, terutama robot terbang.

Selain itu juga sebagai wadah berjejaring, saling tukar informasi dan edukasi masyarakat umum, pelajar, pengamat, peneliti, pengiat robot terbang. “Sekaligus  diperuntukkan guna membuka wawasan terkait robot terbang kompetisi yang digelar,” kata dia.

Penyelenggaran KRTI 2021 sepenuhnya akan digelar secara daring. Nantinya, masing-masing tim akan dipantau dari jarak jauh.Secara khusus UNS mengerahkan tujuh orang juri yang akan dibantu asisten juri dan liaison officer (LO).

Sebanyak 30 LO disiapkan untuk membantu tiap juri di masing-masing divisi. Guna menunjang aktivitas pemantauan setiap tim, UNS telah menempatkan puluhan komputer di Gedung Auditorium G.P.H. Haryo Mataram, yang dibagi menjadi tiga blok.

Untuk jumlah peserta, KRTI 2021 akan diikuti 163 tim yang berasal dari 61 perguruan tinggi dari berbagai daerah di seluruh Indonesia. Mulai dari Sumatra, Batam, Jawa, Bali, Kalimantan, Sulawesi, hingga Maluku Utara, terangnya.

Target Juara Umum

Masih dalam kesempatan sama Pembimbing Tim KRTI UNS 2021 Dr. Nurul Muhayat mengatakan, selain menjadi tuan rumah UNS juga berhasil meloloskan empat tim ke tahap final KRTI 2021. Mereka yakni Tim Shankara pada divisi VTOL, Tim Ernesti pada divisi RP, Tim Prigi Baswara pada divisi TD. Pihaknya berharap  anak asuhannya bisa mendapatkan podium di setiap divisi,

“Di setiap divisi harapannya anak-anak kami bisa mendapatkan podium, di samping ada beberapa kategori yang bisa kita sabet juga, seperti best design. Dan, jelas targetnya jelas juara umum,” ujar Dr. Nurul Muhayat.

Bagus Adji

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here