blank
Sebanyak 359 personel Polres Wonogiri, menjalani Rikkes untuk memastikan bugar jasmaninya dan sehat kejiwaannya. Agar dalam melaksanakan tugas pelayanan kepada masyarakat, senantiasa dapat diwujudkan secara prima.(Dok.Humas Polres Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Ratusan Personel Polres Wonogiri, menjalani pemeriksaan kesehatan (Rikkes). Tujuannya, melalui Rikkes berkala yang dilakukan oleh Biddokkes Polda Jateng ini, untuk memastikan kondisi personel tetap dalam keadaan sehat. Yakni untuk senantiasa bugar badan jasmani dan sehat kejiwaannya.

Kapolres Wonogiri AKBP Andi M Indra Waspada Amirullah melalui Kasi Humas Polres AKP Anom Prabowo, menyatakan, jumlah personel yang menjalani Rikkes ada sebanyak 359 orang. Pemberian pelayanan Rikkes ini, digelar di Mako Polres Wonogiri, meliputi pemeriksan luar dan dalam.

Ikut serta menjalani Rikkes, Kamis (18/4), para personel yang bertugas di 25 Polsek se jajaran Polres Wonogiri. Pemeriksaan kali ini, tandas AKP Anom Prabowo, merupakan program Rikkes Tahun Anggaran (TA) 2024.

Pemeriksaan kesehatan, dilaksanakan secara rutin, minimal setahun sekali secara bergantian. Program Rikkes ini, merupakan bentuk perawatan kesehatan terhadap personel Polri dan ASN Polri. Melalui medical check up, dapat dilihat keadaan anggota dan untuk memastikan bahwa kondisi kesehatan dalam keadaan baik.

Jika diketahui ada yang memiliki penyakit atau gangguan kesehatan, akan cepat dapat ditangani dengan diberi rujukan atau rekomendasi untuk melakukan pengobatan lebih lanjut.

Rrikes berkala ini, bertujuan pula sebagai upaya untuk memastikan kondisi tubuh personel tetap sehat dan prima. Hal ini penting diwujudkan, dalam rangka menunjang pelaksanaan tugas pelayanan kepada masyarakat.

Dalam pelaksanaan Rikkes tersebut, dilakukan pemeriksaan kondisi pisik anggota, pemeriksaan gigi atau odontogram, pemeriksaan laboratorium (darah, urine), rekam jantung/EKG, serta Rikeswa (Pemeriksaan Kesehatan Jiwa).
Bambang Pur