Para guru besar baru UMS berfoto bersama dengan Rektor Prof. Sofyan Anif dalam Sidang Terbuka Senat UMS dipimpin Rektor Prof Dr Prof. Sofyan Anif di Gedung Edutorium KH. Ahmad Dahlan UMS, Sabtu (13/11) (Dok/UMS)

SURAKARTA (SUARABARU.ID)-Guru Besar di lingkungan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) bertambah jumlahnya menjadi 38 orang.

Guru besar yang baru menjalani pengukuhan sebanyak empat profesor baru yakni Prof. Kun Harismah, Ph.D. sebagai guru besar dalam bidang Ilmu Teknik Kimia, Prof. Dr. Anam Sutopo sebagai dalam bidang Ilmu Linguistik, Prof. Marwan Effendy, Ph.D besar dalam bidang Ilmu Teknik Mesin, dan Prof. Supriyono, Ph.D dalam bidang Ilmu Teknik Mesin.

Pengukuhan guru besar baru berlangsung dalam Sidang Terbuka Senat UMS dipimpin Rektor Prof Dr Prof. Sofyan Anif di Gedung Edutorium KH. Ahmad Dahlan UMS, Sabtu (13/11)

Rektor UMS  Prof. Sofyan Anif dalam sambutannya berharap dengan bertambahnya sumberdaya manusia  yang berkompeten dapat mengakselerasi percepatan pencapaian Visi dan Misi UMS pada tahun 2025.

Pada tahun disebut terakhir, UMS menjadi Pusat Pendidikan dan Pengembangan IPTEKS yang Islami dan memberi arah perubahan. Untuk itu kepada guru besar baru dipesankan  agar tidak kendor dalam melakukan penelitian dan publikasi jurnal ilmiah.

Hingga saat ini UMS telah memiliki total 33 profesor aktif. Sedangkan  dosen UMS yang bergelar doktor sudah mencapai 43 persen dari jumlah total dosen di UMS. Sementara itu ada 53 dosen yang sedang menempuh kuliah S3 di luar negeri, serta 97 dosen yang menempuh kuliah S3 di dalam negeri.

Untuk itu  para guru besar UMS, agar semakin produktif dalam melakukan penelitian dan publikasi jurnal ilmiah. “Mestinya sesudah dikukuhkan guru besar tulisannya nambah. Idealnya, satu tahun satu penelitian, atau dua tahun satu jurnal”, harapnya.

Bagus Adji

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here