Irjen Pol Teguh Pristiwanto, Putra Gombong yang dipromosikan sebagai Kapolda Sulawesi Tenggara.(Foto:SB/Ist)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Gombong, kota kecamatan di barat Karanganyar, Kabupaten Kebumen, ini selalu melahirkan banyak tokoh TNI dan Polri. Kali ini giliran Irjen Pol Teguh Pristiwanto, putra asal Jl Kantor Pos Gombong yang dipromosikan menjadi Kapolda Sulawesi Tenggara (Sultra).

Tak banyak dikenal karena Irjen Teguh Pristiwanto sebelumnya menjabat Pejabat Tinggi Badan Intelijen Keamanan atau Pati Baintelkam Polri, penugasan pada Badan Intelijen Negara ( BIN).

Irjen Teguh Pristiwanto diketahui mendapatkan kenaikan pangkat setingkat lebih tinggi dari sebelumnya pada 19 Juli 2019 lalu pada masa Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian.

Kenaikan pangkat Teguh Pristiwanto dari Brigadir Jenderal Polisi (Brigjen Pol) ke Inspektur Jenderal Polisi (Irjen Pol) diberikan setelah mendapat promosi jabatan.

Seperti diketahui, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melakukan rotasi besar-besaran perwira tinggi (pati) dan perwira menengah (Pamen) Polri.

Total ada 173 Pati-Pamen yang dirotasi dari jabatannya. Hal itu berdasarkan surat telegram bernomor ST/2277/X/KEP/2021 hingga ST/2280/X/KEP/2021 tertanggal 31 Oktober 2021.

Irjen Teguh Pristiwanto menggantikan Irjen Pol Yan Sultra Indrajaya yang dimutasi sebagai Kapolda Bangka Belitung (Babel).

Irjen Teguh Pristiwanto diketahui mengalami kenaikan pangkat dari Brigadir Jenderal saat pimpinan Kapolri Tito Karnavian, Juli 2019 lalu.Teguh juga pernah menjabat sebagai pimpinan Pusdikmin Lemdiklat Polri pada 2013 hingga 2015.

Menurut tokoh masyarakat di Kota Gombong yang juga kakak kelas di SMAN Gombong, Bambang Priyambodo, Irjen Pol Teguh Pristiwanto alumni SMAN Gombong 1985. Satu angkatan dengan Hj Rustriningsih, mantan Bupati Kebumen dan mantan Wakil Gubernur Jateng.

Teguh juga dikenal sebagai anak polisi. Ibunya PNS di SMPN1 Gombong. Saat muda atau sekolah di SMA telah dikenal sebagai pribadi hangat dan tegas. Bahkan aktif di kegiatan judo. Ikut pula menyeponsori klub Judo Waza Gombong (JWG).

Kini jenderal polisi bintang dua itu memimpin Polda Sultra berkedudukan di Kendari. Bambang  atas nama alumni SMAN Gombong dan masyarakat Kebumen pun mengucapkan selamat. Dia juga mendoakan Irjen Teguh Pristiwanto sukses mengemban tugas sebagai Kapolda.

Kami semua senang dan mendoakan beliau sukses mengemban tugas negara memimpin Polda Sulawesi Tenggara,”ujar mantan Camat Ayah itu.

Komper Wardopo

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here