blank
Bertempat di Aula Makoim Wonogiri, Dandim 0728 Letkol (Inf) Rivan Rembodito Rivai (kiri), melakukan penyerahan perdana BTPKLW.
WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Kodim 0728/Wonogiri membagikan Bantuan Tunai Pedagang Kaki Lima dan Warung (BTPKLW) sebanyak Rp 6,6 Miliar.

BTPKLW diterimakan kepada 5.500 pedagang. Penyerahan perdana, Selasa (18/10), oleh Dandim 0728/Wonogiri Letkol (Inf) Rivan Rembodito Rivai bertempat di Aula Makodim.

Menurut Dandim, penerima BTPKLW adalah pedagang yang menjadikan usaha satu-satunya sebagai mata pencaharian bagi diri dan keluarganya.

Mereka terpilih secara selektif melalui survai Babinsa yang terjun langsung ke lapangan. Sehingga data penerima bantuan valid dan dapat dipertanggungjawabkan.
 
Pemulihan Ekonomi

Kegiatan ini merupakan program untuk pemulihan ekonomi nasional. Merupakan kebijakan keuangan negara, yang oleh pemerintah untuk mempercepat pemulihan ekonomi karena dampak pandemi Covid-19.

Bantuan ini, bersumber dari dana APBN yang disalurkan melalui institusi TNI-POLRI, untuk dibagikan kepada warga yang berhak, khususnya para PKL dan pemilik warung.

Untuk teknis percepatan dan memudahkan pembagiannya, utamanya bagi para penerima yang berada di daerah, penyalurannya melalui masing-masing Koramil.

Pasiter Kapten (Inf) Moch Sambudi, menambahkan, setiap pedagang menerima uang tunai sebesar Rp 1,2 juta tanpa potongan serupiah pun.

Ada kriteria dan syarat yang harus dipenuhi penerima BTPKLW, yakni belum pernah menerima bantuan dari manapun, termasuk Bantuan Presiden Usaha Mikro (BPUM).

Di Kecamatan Karangtengah, Wonogiri, penyerahan bantuan dilakukan Danramil-23 Kapten (Cpl) Eko Joko dengan disaksikan Camat setempat, Tri Wiyatmoko.

Bambang Pur