blank
Di kerindangan pepohonan dan pantai yang indah, juga tersedia tempat berteduh untuk memandang lautan luas. Foto: Suara Papua

Samudera Terdalam dan Terluas

Indonesia adalah salah satu negara berbatasan dengan lautan teduh yang merupakan lautan paling dalam dan paling luas di dunia. Tak hanya itu, Indonesia juga satu dari hanya tiga negara di Asia yang wilayahnya diapit Samudera Hindia dan Samudera Pasifik.

Dua negara lainnya adalah Thailand dan Malaysia yang keduanya bertepi Samudera Pasifik di Teluk Thailand dan Laut China Selatan.

Indonesia juga adalah salah satu negara yang memiliki garis pantai yang berbatasan dengan Samudera Pasifik yang paling panjang di Asia. Mulai dari bagian barat pulau Sumatera, khususnya Kepulauan Riau, sampai Papua di paling timur.

Dan sekalipun bukan negara berluas daratan terbesar di dunia, Indonesia adalah negara dengan garis pantai terpanjang kedua di dunia setelah Kanada.

Indonesia memiliki garis pantai sejauh 99.083 km. Jarak ini merupakan yang kedua terpanjang setelah Kanada yang memiliki panjang pantai 202.080 km.

Namun berbeda dengan Kanada, pantai Indonesia tidak hanya panjang, melainkan juga terkenal sebagai rangkaian pepantaian indah yang semakin elok nan menarik oleh luar biasa kayanya keanekaragaman hayatinya, termasuk di pantai paling timurnya di Papua.

Ada dua pantai di Papua yang termasuk pantai paling timur di Indonesia. Pertama, di bagian utara Papua yang menghadap langsung Samudera Pasifik. Kedua, di bagian selatan Papua di Merauke yang menghadap Luat Arafura yang merupakan salah satu dari banyak rangkaian laut yang termasuk bagian Samudera Pasifik.