JEPARA (SUARABARU.ID) –  Penghentian  pembelajaran tatap muka terbatas  disemua jenjang pendidikan oleh Bupati Jepara sejak taggal 23 September 2021, menyebabkan guru, murid dan orang tua resah.  Disamping itu mereka menyesalkan keputusan tersebut dan minta segera dicabut.

Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua Fraksi PDI  Perjuangan DPRD Jepara,   Edy Ariyanto menanggapi keputusan bupati, menyusul ditemukannya kasus 28 siswa dan guru disebuah madrasah di Pecangaan yang terkonfirmasi Covid-19. Ini ibarat ingin menangkap seekor tikus, tetapi membakar seluruh lumbung, tambah Edy Ariyanto.

Selama ini menurut Edy,   berdasarkan pantauannya sebagian besar sekolah dan madrasah telah dengan baik menerapkan protokol kesehatan sebagai mana  petunjuk teknis pembelajaran tatap muka terbatas. “Tiba-tiba saja  ribuan sekolah ditutup yang meliputi TK, PAUD, SD, MI, SMP,MTs, MA,SMK,SMA, SLB.  Puluhan ribu pelajar kita menjadi kecewa,” ujar Edy Ariyanto.

Seharusnya menurut Edy, penghentian sementara hanya dilakukan pada sekolah yang menjadi klaster penyebaran Covid -19 dan dilakukan pelacakan kontak erat terhadap guru dan murid. Juga dilakukan pengawasan ketat terhadap protokol kesehatan di semua satuan pendidikan.

Sementara masyarakat awam mengetahui, kebijakan penutupan seperti itu tidak dilakukan di pabrik – pabrik besar. Walaupun ada ratusan karyawan yang terpapar Covid-19 tidak ditutup. “Apalagi menutup semua pabrik,” tegas Edy Ariyanto.

Menurut Edy, penutupan semua sekolah adalah keputusan yang berlebihan dan kurang dipertimbangkan secara komprehenif dengan para pemangku  kepentingan lain. Sebab saat ini Jepara sudah berada di level 2 PPKM Jawa Bali, angka penambahan kasus harian redah, positif rate  dan angka kematian  rendah. Bahkan hari ini hanya ada 2 orang yang dirawat di rumah sakit dan yang positif hanya 0,68 %,” ungkap Edy.

Harapan kami mewakili masyarakat, kebijakan penghentian pembelajaran tatap muka terbatas segera di cabut secepatnya, karena mematikan semangat dan harapan anak-anak yang telah sangat senang dapat beajar tatap muka walaupun harus system shift.

Hadepe -ua

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here