blank
Wali kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka bertemu Rektor UNS Prof Dr Jamal Wiwoho di gedung rektorat setempat , Kamis (2/9) sore. Foto: Dok/UNS

SURAKARTA (SUARABARU.ID) – Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka kembali mendatangi Gedung Rektorat dr Prakosa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta untuk menemui Rektor Prof Dr Jamal Wiwoho. Kedatangan orang nomor satu di Surakarta, Kamis (2/9) sore, untuk memastikan kesiapan UNS menggelar Perkuliahan Tatap Muka (PTM) pekan depan.

Gibran ketika ditemui usai bertemu Rektor Prof Dr Jamal Wiwoho menyatakan, optimismenya bahwasaUNS dapat menjalankan Protokol Kesehatan (Prokes) dengan ketat dan disiplin kepada mahasiswanya.

Dia berharap agar mahasiswa UNS yang mengikuti PTM datang dan pulang dalam keadaan sehat. Disampaikan pula, Pemkot Surakarta akan menyediakan vaksin covid-19 bagi mahasiswa angkatan 2021 yang belum tervaksinasi covid-19.

Tujuannya, agar mahasiswa semakin merasa aman dan nyaman saat mengikuti PTM di UNS. “Saya yakin UNS bisa menjalankan protokol kesehatan dengan ketat. Saya meyakini ketika kita sudah mulai PTM ini juga kita sedikit demi sedikit bisa melakukan percepatan pemulihan ekonomi,” ungkapnya.

Sementara itu Rektor UNS Prof Dr Jamal Wiwoho mengatakan, koordinasi antara UNS dengan Pemkot Surakarta sudah dilakukan. UNS akan tetap mengutamakan prinsip bersyarat dan bertahap dalam melaksanakan PTM.

Prinsip bersyarat artinya memperoleh izin dari pemerintah daerah/ Satgas Covid-19 dan mahasiswa mendapat izin orang tua, serta  telah dinyatakan negatif covid-19 atau sudah tervaksinasi covid-19. Sedangkan, prinsip bertahap diterapkan sistem pembagian kelas dan jam kuliah secara terbatas bagi mahasiswa yang datang ke kampus.

”Satu ruang perkuliahan hanya boleh diisi maksimal 30 persen dari kapasitas normal. Selain itu, satu mata kuliah durasinya maksimal hanya satu jam,” tandasnya.

Bagus Adji