blank
Penampilan Gia belum maksimal usai sembuh dari sakitnya. Foto: dok/proliga

YOGYAKARTA (SUARABARU.ID)– Juara bertahan Jakarta LavAni Allobank Electric, petik kemenangan pertama pada laga pembuka PLN Mobile Proliga 2024, yang berlangsung di GOR Amongrogo, Yogyakarta, Kamis (25/4/2024).

LavAni yang juga sebagai tuan rumah pada seri pembukaan ini, menang atas tim pendatang baru, Jakarta Garuda Jaya dengan skor 3-0 (25-16, 25-22, 25-20).

Klub yang didirikan Presiden RI ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono itu, sempat mendapat perlawanan dari para pemain muda Garuda Jaya, yakni pada set kedua saat tim asuhan Li Quijiang ini mengimbangi hingga mendapat poin 22.

BACA JUGA: Ketua Bawaslu Wonogiri, Pilkada Perlu Disosialisasikan ke Masyarakat

Asisten pelatih Jakarta LavAni Allobank Electric, Samsul Jais mengakui, pada laga pembuka ini, tim asuhan pelatih asal Kuba, Nicolas Ernesto Vives itu, belum tampil utuh.

”Ini pertama kali bermain, jadi komunikasi antara pemain lokal dan asing masih mencari-cari. Karena adanya miskomunikasi antarpemain itu, sehingga membuat setter ada kesulitan dalam memberi bola,” kata Samsul usai laga.

Sementara Manajer Tim Garuda Jaya, Loudry Maspaitella menyebut, anak-anak awalnya memang sedikit grogi, dan belum dapat chemistry. ”Tapi setelah mendapatkan poin dan melakukan selebrasi, akhirnya bisa sedikit bermain lepas,” tukas mantan kapten tim nasional itu, usai laga.

BACA JUGA: Kaprodi Magister Hukum USM Luncurkan Buku Hukum Otonomi Daerah

Di laga lainnya, tim putri Jakarta BIN memenangkan laga perdananya melawan tim pendatang baru, Jakarta Livin Mandiri dengan skor 3-1 (25-20, 29-27, 21-25, 25-15).

Sedangkan juara bertahan putri, Bandung Bank BJB Tandamata, tumbang di tangan Jakarta Pertamina Enduro (JPE). Dalam partai ulangan final tahun lalu itu, JPE unggul 3-1 (25-22, 22-25, 25-21, 25-18) atas Bank BJB. Pada final musim 2023 itu, JPE gagal memetik kemenangan.

Menurut pelatih JPE, Eko Waluyo, pada tahun ini tim asuhannya banyak kehilangan pemain lama. Sehingga kali ini banyak pemain lokal yang masih junior.

BACA JUGA: Jalin Silaturahmi dan Kolaborasi, PWI Jateng akan Gelar Tradisi Tahunan Halalbihalal

Eko yang pada musim lalu juga melatih tim JPE mengakui, kalau antara pemain lokal dan asingnya sudah dapat chemistry. ”Jadi tidak banyak menuntut pemain lokal, bahkan malah terus memberi support,” ujar Eko.

Mengenai performa salah satu pemain asingnya, Giovanna Elisa Milana atau yang akrab disapa Gia, Eko menyebut masih tidak jauh dari maksimal. ”Karena Gia sebelum berangkat ke Yogyakarta ini, sempat sakit setelah perjalanan jauh dari negara asalnya, Amerika Serikat,” ungkap Eko.

Jadwal Jumat (26/4/2024) GOR Amongrogo:
14.00 WIB: Popsivo-Petrokimia (Putri)
16.00 WIB: Electric-Mandiri (Putri)
18.00 WIB: Sukun-STIN BIN

Riyan