Peternak jangkrik masa pandemi, di desa Turirejo, Kecamatan Jepon. Foto: Ist

BLORA (SUARABARU.ID) – Cara unik dilakukan oleh Bhabinkamtibmas Desa Turirejo Polsek Jepon Polres Blora, Aiptu Yuni Agus Setiawan,SH untuk mewujudkan ekonomi kreatif di tengah pandemi covid-19.

Berawal dari obrolan ringan saat sambang di wilayah desa binaan tentang dunia perburungan. Burung butuh pakan, dan pakan ternak burung sehari-hari yang dibutuhkan adalah jangkrik.

Melihat cepatnya perputaran jangkrik tersebut menumbuhkan ide dari Bhabinkamtibmas Aiptu Yuni Agus Setiawan untuk mengajak warga berternak jangkrik.

Mulai belajar dari internet dan pengalaman pribadi, akhirnya Bhabinkamtibmas menginisiasi pemuda Karang Taruna Desa Turirejo untuk mulai merintis ternak jangkrik.

Setelah melalui proses diskusi dan koordinasi dengan Kepala Desa Sumarjo beserta para pemuda Karang Taruna setempat, dimulailah pembangunan kandang untuk ternak jangkrik, pelan – pelan terus berkembang, dan akhirnya saat ini sudah terbentuk empat lokasi peternakan jangkrik di Desa Turirejo, Kecamatan Jepon.

Bhabinkamtibmas Aiptu Agus Yuni Setiawan mengungkapkan bahwa melihat peluang ternak jangkrik di saat suasana pandemi, ia mengajak para pemuda untuk memberdayakan lingkungan yang ada untuk berternak jangkrik. Apalagi proses perawatan ternak jangkrik terbilang mudah, dan waktu panennya pun tidak lama.

“Perawatan sangat gampang, karena untuk pakan dan media ternak mudah didapat di pekarangan rumah, dan panen umur 36 hari atau 1 bulan sudah bisa dipanen,” kata Bhabinkamtibmas Desa Turirejo, Sabtu, (21/08/2021).

Bhabinkamtibmas Desa Turirejo menambahkan jika ditemukan kendala dalam beternak jangkrik pihaknya siap membantu warga untuk memfasilitasi menemukan solusi tentunya bersama dengan dinas terkait demi kemajuan warga desa binaannya.

Pemasaran

Sementara untuk pemasarannya pun terbilang mudah, karena langsung didatangi oleh tengkulak. “Alhamdulilah saat ini mulai bisa merasakan hasilnya, dan tentunya bisa menambah pendapatan bagi warga, terutama saat situasi pandemi Covid-19. Kami ucapkan terima kasih kepada pak Bhabinkamtibmas yang telah mendorong kegiatan ini,” beber Kepala Desa Turirejo Sumarjo.

Terpisah, Kapolsek Jepon Iptu Ramin membeberkan bahwa pihaknya selalu mendorong anggotanya terutama bhabinkamtibmas untuk selalu aktif membaur bersama warga, sehingga bisa mengetahui perkembangan situasi serta bisa lebih dekat dengan masyarakat hingga lapisan bawah.

“Jika kita dekat dengan masyarakat, maka untuk mewujudkan situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif akan lebih mudah, tentunya jika warga ikut aktif dan kooperatif,” tandas  Kapolsek Jepon.

Kudnadi-Mul

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here