Warga dicek kesehatannya.

KOTA MUNGKID(SUARABARU.ID)-Karang Taruna Desa Sidomulyo, Kecamatan Candimulyo, Kabupaten Magelang, melangsungkan agenda bakti sosial berupa check-up kesehatan secara cuma-cuma atau gratis. Layanan itu untuk warga desa setempat, Jumat 16 Juli 2021.

Kegiatan dimulai pukul 13.30 WIB dengan menggandeng petugas RSU Magelang dokter Willy yang melakukan check up. Sekitar 20 warga memanfaatkan kesempatan baik itu.

Dalam pelaksanaanya warga Sidomulyo hadir ke tempat berlangsungnya kegiatan itu di SD Negeri Geneng 1.Warga yang hadir langsung menuju ke ruang tunggu. Kemudian secara bergantian memasuki ruangan check up untuk pemeriksaan kesehatan.

“Kegiatan ini berjalan lancar seperti yang direncanakan, tentu dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat,” kata salah satu relawan, Tatag Nur Pratiknyo.

Ditandaskan bahwa check up kesehatan itu gratis, tanpa dipungut biaya sepeser pun. Kini dimulai dari Dusun Sidomulyo 1 dan 2 dahulu, untuk menghindari kerumunan yang tidak terkendali. Warga yang datang pun merupakan yang terdaftar pada saat dilakukan survei di delapan RT, di Dusun Sidomulyo 1 dan 2.

Untuk warga yang sudah berusia lanjut atau yang tidak bisa hadir ke lokasi karena sakitnya cukup serius, dilakukan check-up secara door to door dengan mendatangi kediamannya. Setidaknya delapan rumah yang dikunjungi.

Secara Swadaya

Menurut Tatag, kegiatan itu didanai secara swadaya oleh relawan, tanpa campur tangan dari pihak lain. Bersyukur kegiatannya¬†tetap berjalan mengingat urgensi yang ada. “Sebagai masyarakat kami harus responsif terhadap apa pun yang terjadi di sekitar kita. Apalagi dalam menyikapi lonjakan kasus Covid-19 yang terus saja bertambah setiap harinya, harus tetap waspada dan sadar 3M. Tak usah mengandalkan siapa pun jika masyarakat masih bisa bergotong-royong untuk saling bantu dalam meningkatkan imunitas,” ujarnya.

Dijelaskan, kegiatan itu merupakan rangkaian dari bakti sosial bertajuk “Jogo Tonggo”. Sebelumnya ada agenda penyemprotan disinfektan di pemukiman warga Sidomulyo. Juga dilakukan survei kesehatan warga Sidomulyo pada Selasa 13 Juli lalu.

Menurut dia, masyarakat pun merespon baik dengan adanya kegiatan itu. Diharapkan dengan adanya kegiatan itu masyarakat setempat memiliki imunitas yang kuat, dan mampu mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19.

Tatag Nur Pratiknyo menambahkan, pada situasi seperti ini budaya gotong royong sangatlah penting. Karena selaku makhluk sosial hendaknya harus saling membantu.

Sementara itu dokter Willy mengharapkan masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan. Karena sangat berpengaruh pada tingkat kesehatan seseorang.
Alangkah baiknya masyarakat sadar akan pentingnya kesehatan. Penerapan 3M secara konsisten akan membiasakan kita untuk berpola hidup sehat.

“Ada baiknya kita mencontoh kegiatan yang dilakukan Karang Taruna Sidomulyo, untuk bergerak dan membantu menekan lonjakan kasus Covid-19 meski secara mandiri, tanpa campur tangan pihak lain. Tetap jaga kesehatan ya teman-teman, mudah-mudahan kegiatan selanjutnya pemerintah desanya ikut mensupport ya,” harapnya.

Eko Priyono

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here