blank
Pengasuh Ponpes Al Kholwat, Gus Munawir saat memberikan sambutannya. Foto : hana eswe.

GROBOGAN (SUARABARU.ID) – Kapolres Grobogan AKBP Jury Leonard Siahaan bersama Wakapolres Kompol Samsu Wirman dan jajaran PJU Polres Grobogan menghadiri pencanangan Ponpes Al Khowat di Desa Kedungrejo Kecamatan Purwodadi sebagai Ponpes Siaga Candi 2021. Pencanangan tersebut dimaksudkan untuk mencegah penyebaran covid-19, Jumat (9/4/2021).

Kehadiran Kapolres beserta jajarannya ini juga disambut hangat jajaran Pemdes Kedungrejo, yakni Kepala Desa Ali Mahmudi, serta pengasuh Ponpes Al Kholwat, Gus Munawir. Selain itu, 15 orang santri juga dihadirkan dalam kegiatan ini.

Dalam sambutannya, pengasuh ponpes, Gus Munawir Zarkasyi, mengucapkan terima kasih atas kehadiran Kapolres Grobogan beserta jajarannya, juga dari perangkat Desa Kedungrejo. Pihaknya mengungkapkan akan ikut serta menginformasikan semua program Polres Grobogan, seperti program jalur khusus masuk Polri melalui jalur prestasi.

blank
Sebanyak 15 santri juga hadir dalam kegiatan tersebut. Foto : hana eswe.

“Kemudian, pondok pesantren merupakan tulang punggung untuk menjaga keamanan di negara Indonesia. Semoga pertemuan ini dapat dilanjutkan di lain waktu serta mendapatkan ridha Allah SWT,” ujar Gus Munawir.

Sementara itu, Kapolres Grobogan AKBP Jury mengatakan, Ponpes Al Kholwat dicanangkan sebagai ponpes siaga candi 2021 yang sekiranya dapat menjadi contoh bagi masyarakat di sekitar pondok dalam mematuhi protokol kesehatan.

“Pandemi Covid-19 ini sudah berjalan satu tahun lebih. Semoga wabah ini segera berakhir dengan mematuhi protokol kesehatan. Polres Grobogan mendukung penuh kegiatan di Ponpes, sehingga dengan adanya pencanangan Ponpes Siaga Candi dapat menerapkan protokol kesehatan di lingkungan pondok seperti cuci tangan, menggunakan masker dan jaga jarak,” jelasnya.

Terkait vaksinasi, lanjut dia, masyarakat akan mendapatkan vaksinasi di bupan Juli dengan harapan di tahun mendatang, semua warga dapat beraktivitas seperti biasa.

Di akhir kegiatan, Kapolres menyerahkan secara simbolis alat-alat kesehatan dan sembako, satu unit alat semprot, lima unit tempat cuci tangan, paket 200 kilogram beras, lima bungkus sabun cuci tangan dan cairan disinfektan sebanyak lima botol. Selain itu,  dua boks masker dan satu unit alat ukur suhu tubuh juga diserahkan kepada Ponpes Al Kholwat melalui pengasuh, Gus Munawir.

Hana Eswe