blank

KKN Mahasiswa Unissula Tingkatkan Daya Imun Warga

Oleh : Tim Penulis Unissula

Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik mahasiswa Universitas Islam Sultan Agung (UNISSULA) di tengah masa pandemi Covid-19 melansir beberapa program.

Program mahasiswa KKN Tematik di desa Sukarejo, Kecamatan Guntur, Kabupaten Demak, mahasiswa memberi pelatihan singkat membuat susu kedelai. Dengan nutrisi ini dapat menjaga daya imun warga.

Menurut Sugiyono, dosen Departemen Ilmu dan Teknologi Fakultas Teknologi Pertanian Institut Pertanian Bogor, Kedelai mengandung sekitar 40% protein, 20% minyak, dan 35% karbohidrat.

Daya imun tubuh senantiasa selalu dijaga. Termasuk meningkatkan iman pada Alloh Yang Maha Kuasa.

Susu kedelai ini sebagai pengganti susu formula yang harganya relatif lebih tinggi. Susu kedelai berbahan dasar  kedelai, gula, garam, dan daun pandan.

Kandungan tingginya nutrisi dalam susu kedelai tersebut dipadukan dengan daun pandan sebagai pensteril dari bakteri dan mikroba. Kedelai mudah didapat dan harganya pun murah.

Tujuan lainnya di balik program kerja pelatihan pembuatan pembuatan susu adalah turut menjadi bagian solusi terhadap melonjaknya angka pengangguran akibat pandemi Covid-19.

Bahkan Direktur Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja Kementrian PPN/Bappenas Mahatmi Parwitasari Saronto menyebut angka pengangguran di tahun 2020 akan mencapai 11 orang. (Kompas, 27/8/2020).

Sebelumnya Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Suharso  Monoarfa memaparkan, jumlah angka pengangguran meningkat 3,7 juta orang akibat pandemi di Indonesia (Kompas, 28/7/2020).

Atas dasar itulah, maka lahirnya ide memberikan bekal keterampilan bagi warga desa Sukarejo, Guntur, Kabupaten Demak, dengan pelatihan singkat pembuatan susu kedelai kepada warga desa yang “dirumahkan.”

Akibat terimbas dampak pandemi. Sehingga ilmu yang didapat di bangku kuliah dan di keluarga diimplementasikan di masyarakat.

Masyarakat antusias dalam program ini, Namun  terkendala tempat, bahan baku  terbatas dan kondisi  pandemi Covid 19, maka hanya melibatkan sedikit orang untuk berpartisipasi dalam program kerja ini.

Guna menghindari kerumunan.  Hasil pelatihan pembuatan susu kedelai ini juga dibagikan kepada masyarakat di RT 09 RW 03 Desa Sukorejo Kabupaten Demak.

Seraya berharap program ini dapat meningkatkan gizi masyarakat dan meningkatkan daya imun masyarakat di daerah tersebut.

Serta memberikan kontribusi positif dalam upaya mengentaskan kemiskinan dengan memberikan keterampilan  pembuatan susu kedelai.

Penulis:

  • Ira Alia Maerani, S.H., M.H. (DPL KKN, dosen Fakultas Hukum UNISSULA)
  • Rifki Gusrian Wibowo (Mahasiswa Fakultas Psikologi UNISSULA)
  • Muhammad Farid Mahasin (Mahasiswa Fakultas Teknik UNISSULA)
  • Khoirul Anwar (Mahasiswa Fakultas Teknik UNISSULA)
  • Muhammad Yusuf Khanafi (Mahasiswa Fakultas Teknik UNISSULA)
  • Akbar Adib Mustaqim (Mahasiswa Fakultas Ekonomi UNISSULA)

Suarabaru.id