blank
Santri PP Al Mubaarok peserta PDF Ulya mengikuti Imtihan Wathoni berbasis komputer. Foto : SB/Muharno Zarka

WONOSOBO (SUARABARU.ID)-Sejumlah 424 santri PP Al Mubaarok Manggisan Mojotengah Wonosobo peserta Pendidikan Diniyah Formal (PDF) Wustho (SMP) dan PDF Ulya (SMA) mengikuti Imtihan Wathoni atau Ujian Nasional(UN) di komplek pondok pesantren setempat, Senin (8/3).

Jumlah peserta Imtihan Wathoni (UN) PDF Wustho terdiri 150 santri putra dan 139 santri putra. Sedang peserta PDF Ulya sebanyak 63 santri putra dan 72 santri putri. 40 santri putra mengikuti UN berbasis komputer dan 23 santri putra yang lain mengikuti UN dengan HP Android.

Jalanya Imtihan Wathoni (UN) bagi santri PDF Wustho dan PDF Ulya dipantau langsung Kepala Kementerian Agama Wonosobo Ahmad Farid, pengasuh PP Al Mubaarok KH Nurhidayatullah, Ketua Komisi D DPRD Faizun dan anggota Komisi D DPRD Habibillah.

Pengasuh PP Al Mubaarok Manggisan KH Nur Hidayatullah mengatakan Imtihan Wathoni atau UN di pesantrenya sudah untuk yang keempat kali sejak berdiri PDF Wustho dan PDF Ulya. Dari semua peserta Imtihan Wathoni/UN tiap angkatan bisa lulus 100 persen.

“Proses pembelajaran santri peserta PDF Wustho dan PDF Ulya selama ini alhamdulillah bisa berjalan lancar. Santri ngaji sekaligus mendapatkan ijazah formal setara SMP/MTs dan SMA/MA selepas lulus dari pesantren,” katanya.

3 Hari

blank
Jalanya Imtihan Wathoni/UN di PDF Wustho dan PDF Ulya PP Al Mubaarok dipantau langsung Kepala Kemenag dan Ketua Komisi D DPRD. Foto : SB/Muharno Zarka

Kepala PDF Ulya PP Al Mubaarok Toyib Auladi mengatakan Imtihan Wathoni/UN PDF Wustho dan PDF Ulya berlangsung selama 3 hari. Mulai Senin (8/3) hingga Rabu (10/3) mendatang yang diberlangsung di beberapa ruang kelas santri secara lesehan.

Selama Imtihan Wathoni/UN berlangsung, diawasi oleh beberapa petugas yang merupakan ustadz PDF Wustho dan PDF Ulya. Semua peserta baik yang menggunakan paper, komputer maupun HP Android wajib menjawab semua soal dengan benar.

“Semua soal Imtihan Wathoni/UN PDF Wustho dan PDF Ulya menggunakan bahasa Arab yang berisi materi fiqh, tafsir, hadist, nahwu sarf dan bahasa Arab dari kajian kitab kuning yang dipelajari para santri selama belajar di pesantren,” ujar dia.

Materi Imtihan Wathoni/UN PDF Wustho meliputi tafsir, bahasa Arab, hadist, nahwu sarf dan fiqh. Sedang materi PDF Ulya terdiri tafsir ilmu tafsir, bahasa Arab, hadist ilmu hadist, nahwu sarf dan fiqh ilmu fiqh.

“PP Al Mubaarok Manggisan juga telah meluluskan 69 maha santri angkatan pertama dari Mahad Aly atau lulusan pesantren setara sarjana strata satu (S1). Mereka tinggal mengikuti haflah (wisuda) atau khataman santri yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini,” ujar dia.

Muharno Zarka