blank
Bermain ayunan di tepi pantai, sambil menikmati keindahan laut di Pantai Ombak Mati Bondo Jepara. Foto: wied

Tak Jauh dari Kota

Pantai Ombak Mati tidaklah terlalu jauh dari pusat kota Jepara. Naik kendaraan tidak sampai setengah jam. Kita memasuki jalan menuju pantai itu dengan melewati sawah dan perkampungan.

Beberapa pantai di Jepara memang tidak dikelola oleh pemerintah daerah seperti Bandengan. Biasanya desa yang mengelolanya. Dan, seperti halnya di Pantai Teluk Awur di tengah kota Jepara, pengunjung tak ditarik biaya. Paling-paling hanya sekadar ongkos parkir. Begitu pula di Pantai Ombak Mati di Desa Bondo.

Untuk menuju ke Ombak Mati, yang jaraknya sekitar 17 km dari Jepara, kita bisa langsung dari Jepara, Mlonggo, lalu ke Desa Bondo yang punya Ombak Mati.

Jalan menuju ke pantai kini telah  dibangun dengan aspal hotmix yang mulus dan lebar. Bukan hanya itu, sejak beberapa tahun terakhir warga setempat juga kini telah mendirikan sejumlah kedai makan  dengan kekuatan utama olahan ikan laut dengan berbagai varian resep.

“Kini ada 58 buah kedai yang menjadi pelengkap keindahan  Pantai Ombak Mati sebagai kawasan  tujuan wisata di Jepara,” ujar Trinaningsih, Ketua Paguyuban Pandansari wadah para pelaku wisata yang ada di sana.

Paguyuban ini  dibentuk untuk menciptakan Sapta Pesona, bukan saja pantai yang semakin cantik, tetapi juga pengeloalannya secara baik, ujar Trinaningsih,  seorang guru yang juga mengelola Kedai Pondok Ungu.

Di pantai ini  menurut Trisnaningsih  pengunjung bisa menikmati masakan laut seperti ikan bakar, cumi,udang, kepiting, rajungan. Adapun yang istimewa adalah pindang serani masakan sup ikan khas Jepara.

Minuman yang disajikan juga bermacam jus buah, kelapa muda atau kopi Tempur, Kopi Damarwulan, Kopi Tanjung, Kopi Dudakawu dan juga kopi khas dari desa-desa pegunungan di  Jepara.

Ayo kapan berkunjung ke Pantai Ombak Mati. Membuktikan bahwa di sini kita berada di pantai, tetapi tak mendengar deburan ombak.

Widiyartono R., wartawan suarabaru.id, pemerhati dan penulis pariwisata