blank
Salah satu kelompok perempuan Jepara yang menampilkan kreativitasnya.

JEPARA (SUARABARU.ID)- Festival Hari Kartini yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara benar-benar meriah. Peringatan hari Kartini yang ke-145 ini diwarnai dengan karnaval yang melibatkan ribuan perempuan Jepara.

blank
Perempuan Jepara yang tergabung dalam Ikatan Dokter Indonesia Jepara.

Sebanyak 167 kelompok dari pelajar hingga perwakilan organisasi profesi se-Kabupaten Jepara berpartisipasi dalam kegiatan Karnaval Kartini yang digelar di sepanjang Jalan Kartini Jepara, Jumat, (26/4/2024).

Di panggung kehormatan hadir jajaran Forkopimda Jepara beserta istri, dan seluruh pimpinan perangkat daerah. Animo masyarakat terhadap gelaran tersebut sangat tinggi. Terbukti sejak jumat pagi, masyarakat nampak mulai berjejer dari Pendapa Kalinyamat hingga Pendapa Kartini.

Pj. Bupati Jepara Edy Supriyanta mengungkapkan enam puluh tahun yang lalu, tepatnya pada 2 Mei 1964, Presiden Soekarno menetapkan R.A. Kartini sebagai pahlawan. Dengan Keputusan Presiden Nomor 108 tahun 1964, beliau ditetapkan sebagai “Pahlawan Kemerdekaan Nasional.” Bukan sebatas emansipasi wanita.

blank

“Pada masanya, jauh sebelum Indonesia berdiri, R.A. Kartini telah membangkitkan semangat kebangsaan dan nasionalisme. Melalui ide dan gagasannya, beliau juga memperjuangkan agar bangsanya memperoleh persamaan hak pendidikan, hingga meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” kata Edy.

Ide dan gagasan itulah yang saat ini dikuatkan kepada generasi muda Jepara, para pewaris di kota kelahiran beliau.

“Maka sesuai dengan tema kegiatan ini, yakni “Gelora Semangat Kartini untuk Ekonomi Jepara yang Maju dan Inklusif”, mari kita warisi seluruh semangat beliau, untuk membangun Jepara yang makin makmur dan sejahtera,” jelasnya.

Sementara itu, Juara karnaval dibagi menjadi 3 kategori. Masing-masing yakni kategori SMP/Sederajat yakni juara 1 SMPN 1 Jepara, juara 2 SMP N 6 Jepara dan juara 3, SMP N 2 Jepara. Untuk kategori SMA/Sederajat adalah juara 1 SMK N 3 Jepara, juara 2, SMK N 2 Jepara dan juara 3 yakni SMA N 1 Jepara.

Sedangkan untuk kategori umum, juara 1 FORGEN (Forum Genre), juara 2 WANDANI dan juara 3 HARPI MELATI.

ua/diskominfo