blank

Terapkan Tips Daring Sehat, PBSI Unissula

Siap Sambut PJJ di Semester Genap

Oleh

Leli Nisfi Setiana, M.Pd  dan Dr. Aida Azizah, M.Pd

SENIN (15/02/2021) menjadi hari perdana perkuliahan daring di PBSI FKIP Unissula. Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) masih diperpanjang disebabkan masih tingginya jumlah masyarakat yang positif Covid-19 khususnya di Semarang. Mengingat PJJ yang diaplikasikan ke dalam bentuk pembelajaran daring yang selama ini telah dilaksanakan sejak 11 bulan yang lalu, menjadikan beberapa mahasiswa mulai merasa bosan belajar. Berdasarkan survey Ketua Forum Anak Jawa Tengah, Amelia Adiputri Diansari mengungkapkan, “ada 590 pelajar dari 35 kabupaten/kota di Jateng. Mulai dari siswa tidak memiliki telepon pintar untuk mengakses internet karena faktor kekurangan ekonomi orangtuanya hingga permasalahan minimnya sinyal di lingkungan tempat tinggalnya.” Secara tersurat dari pendapat tersebut diperoleh simpulan bahwa beberapa faktor menjadi penyebab permasalahan pembelajaran daring.

Senada dengan permasalahan tersebut, keluhan yang sama juga diungkapkan oleh beberapa mahasiswa yang mereka sampaikan melalui layanan Edom bagi dosen dan mahasiswa yang dibuka untuk semua Prodi di FKIP Unissula. Dapun tindak lanjut dari solusi permasalahan dan kendala yang dialami oleh mahasiswa PBSI, maka Kaprodi, Sekprodi dan segenap dosen PBSI bersepakat memberikan beberapa tips daring sehat khsusnya dalam menyambut perkuliahan di semester genap ini.

Tips Daring Sehat

  1. Olah Raga Pagi

Sebelum melaksanakan pembelajaran daring ada baiknya mahasiswa melakukan pemanasan berupa olah raga pagi. Manfaat utama dari olah raga tersebut adalah menghirup udara pagi yang masih segar dan meregangkan otot-otot agar lebih rileks, sehingga dapat menyerap pembelajaran secara maksimal. Lakukanlah olah raga yang paling disukai misalnya jalan santai, badminton, atau bersepeda.

  1. Jaga pola makan

Aktivitas pembelajaran daring yang banyak menguras pikiran akan sangat mempengaruhi pola makan seseorang. Ada baiknya Anda melakukan sarapan pagi terlebih dahulu dan makan siang tepat waktu, sehingga waktu Anda tidak tertunda-tunda oleh daring. Siapkan pula cemilan sehat sebagai teman belajar atau mengerjakan tugas kuliah.

  1. Restu orang tua

Kesuksesan seorang anak lahir dari restu orang tua. Anda dapat membiasakan diri untuk berpamitan dan memohon doa restu kepada orang tua agar diberikan kelancaran dalam bahwa melaksanakan kegiatan pembelajaran daring. Perilaku positif tersebut akan dapat berdampak sugesti yang positif pada diri Anda, sehingga dalam kegiatan pembelajaran daring terasa senang, enjoy dan bahagia.

  1. Positif Thinking

Dalam pembelajaran daring terkadang masing-masing dosen memiliki gaya mengajar yang berbeda-beda. Tugas Anda cukup dengan menerapkan pikiran positif terhadap materi ataupun tugas yang diberikan oleh dosen. Ketahuilah tidak ada dosen yang akan dengan sengaja menjerumuskan mahasiswanya ke dalam kesulitan. Sebagai contoh ketika dosen memberikan tugas yang diaplikasikan ke media sosial, lihatlah sisi positif dari tugas tersebut Anda menjadi memiliki sebuah karya yang terpatri di media sosial. Selain itu Anda juga menjadi mengetahui kemampuan diri sendiri dan semakin percaya diri bahwa Anda memiliki kemampuan yang patut dibanggakan.

  1. Fokus

Perbedaan utama pembelajaran daring dan luring adalah faktor kefokusan. Selam pembelajaran daring berlangsung terutama ketika live class, sebaiknya Anda mempersiapkan posisi belajar yang paling nyaman, persiapkan sinyal dan kuota agar tidak terjadi trouble dan jauhkan barang-barang yang dapat mengganggu Anda tidak fokus misalnya Handphone, stop membuka media sosial dan gangguan lalu lalang orang.

Nah, setelah membaca tips sehat daring ini semoga Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) pada semester genap dapat berjalan dengan lancar dan sukses. Tetap semangat dan menjaga protokol kesehatan. Semoga pandemi Covid-19 segera berakhir, sehingga kita dapat kembali melaksanakan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di kampus. (Penulis : Leli Nisfi Setiana, M.Pd. (Kaprodi PBSI Unissula)Dr. Aida Azizah, M.Pd (Sekretaris PBSI Unissula)

Suarabaru.id