blank
Warga setempat bersama anggota TNI berusaha menyingkirkan pohon yang tumbang di tengah jalan. Foto : SB/Muharno Zarka

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Sebuah pohon duku yang berumur sudah cukup tua, tumbang diterjang angin kencang di pinggir jalan perbatasan Desa Karanganyar dengan Desa Plodongan Kecamatan Sukoharjo Wonosobo.

Akibat pohon tumbang tersebut akses jalan ke atau dari dua desa tersebut tertutup pohon. Sebab pohon roboh ke tengah jalan. Kondisi tersebut, sementara waktu, memacetkan jalur lalu lintas ke Desa Karangnyar maupun dari Desa Plodongan.

Kepala Desa Karanganyar Budi Raharjo, Senin (11/1), membenarkan kejadian tersebut. Di pinggir jalan di dua desa tersebut, memang terdapat banyak pohon duku, durian, kelapa dan pohon lainnya yang berumur sudah cukup tua dan perlu peremajaan.

“Saat musim hujan disertai angin kencang seperti sekarang ini pohon rawan sekali roboh dan menutup jalan. Sebab pohon yang sudah tua tidak punya kekuatan akar lagi. Sehingga ketika diterpa angin kencang mudah tumbang,” sebutnya.

Pihak meminta warga setempat yang punya lahan di pinggir jalan rata dan terdapat pohon besar, sebaiknya segera menebang dan mengganti pohon baru. Hal itu untuk mengantisipasi agar tidak terjadi pohon tumbang yang bisa memacetkan jalan raya dan memakan korban jiwa.

Langsung Disingkirkan

blank
Pohon tumbang melintang jalan di Desa Karanganyar dan Plodongan Sukoharjo Wonosobo. Foto : SB/Muharno Zarka

Selain memutuskan akses jalan raya, pohon tumbang juga menimpa instalasi listrik dan telkom sehingga mengalami kerusakan. Beruntung dalam waktu tak lama, jaringan listrik dan telkom bisa segera diperbaiki oleh petugas yang berwenang.

Danramil 14/Sukoharjo Kapten Arm Listyono mengungkapkan mendapatkan laporan ada pohon tumbang, pihaknya langsung menerjunkan personil TNI untuk menyingkirkan pohon yang melintang di tengah jalan.

“Karena pohon tumbang menjelang petang dan hari dalam kondisi hujan dan gelap, maka penyingkiran kayu baru bisa dilakukan esok harinya. Kerja bakti penyingkiran batang pohon dikerjakan bersama antara personil TNI dan warga sekitar,” ujarnya.

Babinsa Koramil 14/Sukoharjo Pelda Mulyono yang terjun langsung ke lokasi menambahkan, beruntung dalam kejadian tersebut, tidak ada korban jiwa. Meski jalan desa tersebut jalur padat pengguna jalan karena tiap hari banyak warga yang melintas.

“Pohon tumbang tidak menimbulkan korban jiwa karena saat itu sedang hujan deras. Tidak ada warga yang sedang melintas di jalan. Setelah pohon yang melintang jalan berhasil disingkirkan, akses jalan kembali lancar dan normal. Warga harus selalu waspada di kala cuaca seperti ini,” pintanya.

Muharno Zarka