blank
Tanah longsor menutup akses jalan Magelang - Boyolali

MAGELANG (SUARABARU.ID) – Akibat curah hujan cukup tinggi, terjadi tanah longsor di  Dusun Plutungan, Desa Wonolelo, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, Minggu10 Januari 2021 pukul 17:00. Tidak ada korban jiwa dalam musibah tersebut.

Kepala BPBD Edy Susanto dalam keterangan persnya menyebutkan, penyebab bencana adalah hujan dengan intensitas ringan  sampai sedang.

Mengakibatkan tanah longsor dan menutup akses jalan Magelang – Boyolali.

Dijelaskan, kronologi kejadian itu berawal hujan yang terjadi di wilayah Kecamatan Sawangan sejak pukul 15.00.  Menyebabkan tebing longsor sehingga menyebabkan tertutupnya akses jalan penghubung Magelang – Boyolali. Tepatnya di Dusun Plutungan, Desa Wonolelo, Kecamatan Sawangan.

Beberapa saat setelah kejadian itu dilakukan pembersihan material oleh relawan dan warga. Hingga sebagian akses jalan sudah dapat dilalui kendaraan baik roda empat atau lebih.

Dijelaskan, dalam penanganan kejadian itu dilakukan kaji cepat oleh tim reaksi cepat Kecamatan Sawangan. Kemudian dilakukam kegiatan pembersihan material longsor oleh relawan dan warga.

Pihak BPBD juga melakukan  koordinasi dengan PU Bina Marga Provinsi Jateng untuk pembersihan sisa material.

Eko Priyono