blank
Dandim 0728 Wonogiri Letkol (Inf) Imron Masyhadi (kedua dari kiri) bersama perwira staf, melakukan survai awal rencana pembangunan jalan yang akan dilaksanakan TMMD.

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Dandim 0728 Wonogiri, Letkol (Inf) Imron Masyhadi, merecanakan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler Ke-110 Tahun Anggaran 2021, di Desa Brenggolo, Kecamatan Jatiroto, Kabupaten Wonogiri.

Yakni di Dusun Gemawang, Desa Brenggolo, Kecamatan Jatiroto, Kabupaten Wonogiri, Jateng, yang lokasinya berbatasan langsung dengan Provinsi Jawa Timur (Jatim). Tepatnya di tapal batas dengan Dusun Tempel, Desa Pakis, Kecamatan Nawangan, Kabupaten Pacitan, Jatim.

Serma Indra Hidayat dari Pendim 0728 Wonogiri, Jumat (27/11), menyatakan, berkaitan dengan rencana tersebut, Dandim 0728 Wonogiri Letkol (Inf) Imron Masyhadi, telah melakukan pengecekan ke calon lokasi TMMD. Dandim didampingi Pasiter Kapten (Inf Moch) Sambudi, Danramil-16 Jatiroto Lettu (Inf) Eko Budi Santoso.

Dalam pengecekan yang dilakukan Kamis (16/11) tersebut, ikut hadir Kades Brenggolo beserta perangkat desa setempat, Batuud Koramil-16 Jatiroto Pelda Panggung Sutrisno, Bati Bakti TNI Serma Among. Pengecekan ini, dilakukan untuk sekaligus mengenali kondisi medan dengan segala kendala yang perlu diantisipasi. Agar pada pelaksanaannya nanti, tidak mengalami hambatan.

Hubungan Darat
TMMD di Desa Brenggolo ini, rencanakan akan membangun prasarana jalan untuk memperlancar transportasi dan hubungan darat di tapal batas Provinsi Jateng dengan Provinsi Jatim tersebut. Saat ini, hubungan darat di lokasi masih terkendala, karena hanya ada jalan setapak yang jalurnya terputus oleh aliran sungai.

blank
TMMD Reguler Tahun 2021 mendatang, akan dilokasikan di Desa Brenggolo, Kecamatan Jatiroto, Kabupaten Wonogiri. Membangun jalan tembus di tapal batas Wonogiri (Jateng)-Pacitan (Jatim).

Dengan kondisi tersebut, mengakibatkan terhambatnya akses pengangkutan hasil bumi masyarakat setempat, akses pendidikan maupun pelayanan kesehatan. Ruas jalan yang direncanakan akan dibangun oleh TMMD Tahun 2021 tersebut, merupakan jalur alternatif hubungan darat dari Desa Brenggolo (Wonogiri, Jateng) menuju Desa Pakis (Pacitan, Jatim).

Dandim 0728 Wonogiri, Letkol (Inf) Imron Masyhadi, berharap, dengan adanya program TMMD Reguler yang akan melaksanakan pembangunan jalan tersebut, kelak akan memudahkan dan melancarkan akses transportasi.

Yang dampaknya, dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, meningkatkan percepatan pembangunan di daerah terpencil, dan menciptakan kemanunggalan TNI dengan rakyat.

Bambang Pur