SEMARANG – Dosen Fakultas Ekonomi (FE) Unissula mengadakan pengabdian masyarakat di Kelurahan Bangunharjo (8/11). Mereka adalah Mutoharoh, Naila Najihah, dan Zainal Alim A yang mengajak warga Bangunharjo berkomitmen melakukan disiplin keuangan.

Dalam kegiatan pendampingan yang dihadiri oleh perwakilan ibu-ibu PKK, Mutoharoh menyampaikan bahwa para ibu memiliki peran penting dalam menjaga stabilitas perekonomian keluarga. Para ibu dibekali juga dengan dompet disiplin untuk mengalokasikan pengeluaran-pengeluaran bulanan. Dengan demikian, uang yang disimpan tidak tercampur dan terpakai untuk pengeluaran yang tidak seharusnya.

Beberapa pertanyaan disampaikan salah satunya untuk mengalokasikan pengeluaran bulanan dari pemasukan harian yang juga digunakan untuk modal. Maka sisa pemasukan setelah dipisahkan untuk modal dan konsumsi harian, itulah yang tersisa untuk dialokasikan. Jika tidak ada yang tersisa, maka pemasukan harus diwaspadai, diantaranya dengan menekan pengeluaran atau mencari alternatif pemasukan lain, tentunya dengan pemasukan yang halal dan baik.

Masih menurut Mutoharoh, menjaga stabilitas keuangan sangat diperlukan terlebih di era new normal. “Masyarakat masih harus meningkatkan kehati-hatian dalam melakukan pengelolaan keuangan karena tidak ada yang bisa meprediksi kapan wabah Covid-19 ini berakhir. Fenomena menunjukkan bahwa tidak banyak keluarga yang terbiasa melakukan pengelolaan keuangan dengan melakukan pencatatan atau memetakan daftar kebutuhan dan simpanan dalam suatu periode tertentu. Akibatnya banyak keluarga mengalami defisit keuangan”, ungkapnya.

-->