Dengan mobil unit brandweer, Tim Damkar dari Regu I Pemkab Wonogiri, melakukan pemadaman di Pompa Bensin Ngadirojo Wonogiri.(Dok.Ist)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Sebuah mobil sedan, Selasa siang (23/4) terbakar di pompa bensin atau SPBU (Stasiun Pengisian Bahan-bakar Umum). Lokasinya di Dusun Kaliampo, Desa Ngadirojo Lor, Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Wonogiri, Jateng.

Kejadian yang terjadi di Kilometer 6 tepi ruas Jalan Antarprovinsi Wonogiri (Jateng)-Ponorogo (Jatim) Nomer 1987 ini, membuat panik warga masyarakat. Sejumlah kendaraan (mobil dan sepeda motor) yang mengantre untuk pengisian Bahan Bakar Minyak (BBM) di SPBU 44.576.04 Ngadirojo tersebut, buru-buru bubar pada menjauh untuk menghindari dampak kebakaran.

Petugas pompa bensin setempat, secara darurat sigap menyemprotkan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) ke mobil yang terbakar dan ke mesin pengocoran BBM. Selanjutnya, untuk menuntaskan pemadaman api, didatangkan dua unit mobil brandweer dari Pemadam Kebakaran (Damkar) Pemkab Wonogiri.

Pemadaman dilakukan para personel fireman pimpinan Komandan Regu (Dannru) I Damkar Wonogiri, Ndaru Parno Paing. Ikut datang membantu personel dari Polsek dan Koramil Ngadirojo. Penuntasan pemadaman api berlangsung sampai Pukul 12.10.

Pj Kabid Damkar Satpol-PP Pemkab Wonogiri, Hery Indrastiyono, melalui Danru I Damkar Ndaru Parno Paing, menyebutkan, mobil sedan yang terbakar di dekat mesin pengocoran BBM tersebut berplat nomor AD 1520 UF. Pemicu kebakaran masih dalam penyelidikan petugas.

Diduga, sumber kebakaran berasal dari percikan api konsleting pada kelistrikan komponen mesin mobil. Musibah kebakaran mobil di SPBU Ngadirojo ini, menyebabkan seorang mengalami luka bakar. Yakni Novin Eko Prasetyo.

Kronologi kejadiannya, diawali ketika mobil sedan yang dikemudikan oleh korban, ingin mengisi BBM jenis pertalite. Sebagaimana lazimnya, mobil diparkir mendekati mesin pengocor BBM. Tapi belum sempat dilakukan pengisian, mendadak dari bawah kap mesin mobil sedan, terjadi kebakaran yang makin membesar dan kobaran apinya sempat pula membakar mesin pengocoran BBM yang ada di dekatnya.
Bambang Pur