Usai patroli keamanan keliling di Kota Blora kawasan timur, salah satu tim patroli bermotor bersenjata berhenti di Simpang Empat Gedung Samin, dilanjutkan lagi ke kompleks Pasar Lama. Foto: SB/Ist

BLORA (SUARABARU.ID)– Untuk mencegah secara dini tindak kejahatan jalanan jelang libur panjang, Polres Blora pada Selasa (27/10/2020), menerjunkan tim patroli jalanan di sejumlah fasilitas publik.

Selain patroli bermotor, kegiatan pengamanan patroli rutin dengan menggunakan mobil juga tetap dilakukan personel Polres maupun Polsek jajaran (16 Polsek).

Dijelaskan Kapolres Blora, AKBP Ferry Irawan melalui Kabagops Kompol Supriyo, khusus patroli bermotor roda dua, petugas bersenjata ini menyasar berbagai lokasi pemusatan massa dan objek vital.

BACA JUGA : Enam Staf Disdagkop Blora Tertular Covid-19, Kasus Bertambah 15 Orang

Patroli itu, lanjut Supriyo, dilaksanakan untuk merespons dinamika kegiatan masyarakat yang semakin hari bertambah sibuk. Arus lalu lintas pun semakin padat, dan berpotensi menimbulkan kerawanan tindak kejahatan di jalan raya.

”Hari ini kami giatkan patroli bermotor bersenjata, tujuannya untuk meminimalisasi kejahatan di jalan raya,” jelas mantan Kapolsek Randublatung dan Kapolsek Ngawen ini.

Patroli yang bergerak dari satu titik ke objek lain, tambah Kompol Supriyo, menyasar daerah pasar kecamatan, kawasan yang sepi dan rawan kejahatan serta objek vital dan pusat perbelanjaan.

Kegiatan pengamanan ini, akan terus berlanjut dengan rute dan sasaran yang berbeda, baik pagi, siang maupun malam.

Tergantung Sikon
Menurutnya, patroli bermotor bersenjata ini tidak ditentukan waktu dan lokasinya. Karena semua tergantung dari situasi serta kondisi di lapangan.

Selain itu, personel patroli bisa bergantian, bahkan satu kawasan patroli bisa saja dilakukan lebih dari sekali dalam seharinya. Bahkan bisa dua atau tiga kali pada siang juga malam.

”Satu lokasi patroli, bisa satu sampai tiga kali dalam seharinya, semua tergantung situasi dan kondisi,” tambah Kabagops Polres Blora ini.

Perlu diketahui, Polres Blora melalui 16 Polsek jajaran di seluruh kecamatan di Kabupaten paling timur di Jateng ini, rutin menggelar patroli baik mengguakan roda dua maupun roda empat, untuk memastikan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif.

Selain memberi rasa aman bagi warga, patroli ini adalah bentuk pengamanan rutin wilayah yang separuhnya merupakan kawasannya hutan negara.

Wahono-Riyan

-->