blank
Kapolres Kebumen AKBP Rudy Cahya Kurniawan dan Dandim 0709 Letkol Kav MS Prawira Negara Matondang bersama pengasuh Pondok Pesantren Nurul Hidayah Desa Bandung. Sebanyak 179 santri yang terpapar Covid-1 dinyatakan sembuh setelah menjalani isolasi selama 14 hari.(Foto:SB/Ist) .

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Kebumen terus meningkat. Bahkan total yang terpapar corona sudah menembus 1.005 kasus. Namun pasien yang berhasil sembuh juga terus bertambah hingga mencapai 665 orang.

Dari kasus positif yang dinyatakan sembuh termasuk 179 santri Pondok Pesantren Nurul Hidayah Desa Bandung, Kecamatan Kebumen. Menurut Kepala Puskesmas I Kebumen dr Yamoto, para santri terkonfirmasi positif telah menjalani karantina dan isolasi selama 14 hari dan dinyatakan sembuh semua meski tidak dilakukan swab ulang.

Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kebumen yang dirilis Ketua Bidang Informasi Publik Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Cokroaminoto, mengungkapkan, sampai Rabu (14/10) dan diterima Kamis (15/10) pagi kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Kebumen tercatat  1.005 orang.

Dari sejumlah kasus terkonfirmasi, masih dirawat 76 orang, menjalani isolasi (mandiri) 238 orang, dirujuk 0, meninggal dunia 26 orang, dan yang telah sembuh 665 orang.

Menurut Cokroaminoto, berdasarkan peta zonasi Kabupaten Kebumen yang dikeluarkan oleh Provinsi Jawa Tengah, edisi Kamis (08/10/20) yang diperbaharui tiap pekan, Kabupaten Kebumen berada pada zona oranye diantara Kabupaten/kota di Jawa Tengah.

Di tingkat Kabupaten Kebumen, Kecamatan zona merah 3 yaitu Kecamatan Kebumen, Alian, Pejagoan. Kecamatan zona oranye 12, yaitu Kecamatan Mirit, Bonorowo, Karangsambung, Prembun, Kutowinangun, Buluspesantren, Sruweng, Petanahan, Gombong, Kewarasan, Piring, Ayah.

Zona kuning ada 7 wilayah, yaitu Kecamatan Ambal, Klirong, Buayan, Rowokele, Sempor, Karanganyar, Karanggayam. Kecamatan  zona hijau 4 meliputi Kecamatan Adimulyo, Poncowarno, Padureso, Sadang.

Memperhatikan perkembangan kasus positif covid-19 di Kabupaten Kebumen, Gugus Tugas telah melakukan pengkajian kasus dan analisa data. Dari hasil kajian tersebut menunjukkan bahwa kasus positif covid-19 di Kabupaten Kebumen masih berpotensi naik.

Namun Satuan Tugas juga mengakui, di sisi lain kehidupan beragama, pendidikan, sosial- ekonomi harus berjalan sehingga diperlukan upaya memasuki fase adaptasi kebiasaan baru (AKB) dengan dicirikan penerapan protokol pencegahan penularan covid-19 secara ketat.

Polres Kebumen bersama Kodim 0709 dan Satpol PP pun terus giat melakukan operasi  Yustisia penegakan protokol kesehatan agar masyarakat mematuhi memakai masker di luar rumah, menghindari kerumunan, serta sering cuci tangan dengan sabun.

Bahkan Kapolres AKBP Rudy Cahya Kurniawan dan jajaran gencar terjun langsung ke masyarakat memberika pembinaan dan sosialiasi. Warga diajak supaya mematuhi protokol kesehatan guna memutus penyebaran Covid-19. Disertai pula pemberian sembako, sayuran dan hadiah lain sebagai reward bagi yang patuh.

Komper Wardopo