Ini salah satu septik tank yang meruakan bagian jamban, dari 500 lebih jamban yang diperuntukkan bagi warga. Foto: Humas SG

REMBANG (SUARABARU.ID) – Semen Gresik Serahkan 538 jamban melalui Program Karya Bhakti Jambanisasi, Jumat (11/9) di Desa Mantingan, Kecamatan Gunem, Rembang. Penyediaan fasilitas sanitasi yang layak ini dikerjakan bekerja sama dengan warga sekitar, sebagai bentuk kegiatan padat karya, yang sangat membantu warga dalam masa pandemic corona.

Program terkait jambanisasi memang telah lama dicanangkan oleh pemerintah sebagai upaya mewujudkan program open defecation free atau buang air besar sembarangan di Indonesia. “Namun, di tengah pandemi Covid-19, program jambanisasi yang dilaksanakan dalam bentuk padat karya tidak hanya mendukung peningkatan kualitas sanitasi namun juga mendukung upaya pemulihan ekonomi daerah dan nasional,” kata Kepala Unit Komunikasi & CSR, Dharma Sunyata.

Program ini, kata Dharma Sunyata, diharapkan dapat bermanfaat dan mendukung kesehatan keluarga pra sejahtera, sekaligus mampu menanggulangi dampak ekonomi dari pandemi Covid-19.  Warga yang terlibat padat karya dalam jambanisasi sebanyak 23 orang.

Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Pemerintah Kabupaten Rembang, Arief Dwi Sulistya, menyatakan saat dihubungi melalui telepon, bahwa Pemerintah Kabupaten Rembang mengaku sangat mendukung langkah yang dilakukan oleh Semen Gresik, terutama dalam upaya mendorong kesejahteraan masyarakat dan menciptakan lapangan kerja di tengah pandemi Covid-19 yang berkepanjangan ini.

“Bantuan yang disalurkan oleh Semen Gresik ini sejalan dengan berbagai langkah strategis yang dilakukan oleh Pemkab Rembang, salah satunya tentu dalam aspek program padat karya yang mampu memberdayakan masyarakat secara nyata dalam aspek ekonomi,” ujarnya.

Kepala Unit Komunikasi & CSR, Dharma Sunyata secara simbolik menyerahkan hasil proyek jambanisasi. Foto: Humas SG

Tentang Semen Gresik

Seperti diketahui, Semen Gresik merupakan salah satu anak usaha dari PT Semen Indonesia (Persero) Tbk atau SIG. Entitas perusahaan yang operasional pabriknya di pusatkan di Rembang, Jawa Tengah ini, telah dipercaya dalam menyediakan produk semen yang berkualitas bagi jutaan keluarga dan pelanggan secara luas di Indonesia.

Berbagai mahakarya kelas dunia menjadi bukti nyata kekokohan produk Semen Gresik yang diproduksi melalui proses yang ramah lingkungan dan menggunakan teknologi mutakhir. Semen Gresik selalu siap untuk memberikan pelayanan terbaik. Mulai dari inovasi teknologi berkelanjutan, produk semen dengan kualitas terbaik, hingga komitmen kami dalam melestarikan lingkungan dan bersinergi dengan masyarakat sekitar.

Melalui budaya kerja keras dan semangat inovasi segenap elemen perusahaan, Semen Gresik mampu menjadi pemain utama dalam industri persemenan tidak hanya di Indonesia tetapi juga di kancah Regional.

Widiyartono R

-->