blank
Proyek rehab tribun timur stadion Wergu Wetan dimulai. foto:Suarabaru.id

KUDUS (SUARABARU.ID) – Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga mulai melaksanakan proyek rehab tribun stadion Wergu Wetan sisi timur. Total, anggaran sebesar Rp 9,2 miliar dikucurkan untuk pelaksanaan proyek tersebut.

Kabid Olahraga pada Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kudus, Minan Muhammad menyebutkan pelaksanaan rehab tribun stadion ini sesuai kontrak telah dilaksanakan sejak 28 Agustus 2020 silam.

“Proyek akan berjalan selama 110 hari kerja, sehingga diperkirakan akan selesai pada Awal Desember mendatang,”ujar Minan, Selasa (8/9).

Minan menambahkan, untuk spesifikasi tribun baru nanti adalah panjangnya 66 meter, dengan lebar 12 meter. Tribun akan dibuat setinggi 13,7 meter dan dengan kapasitas sebanyak 1.500 tempat duduk.

Selain itu, di bawa tribun juga akan dibuat lima unit ruko yang menghadap ke timur, dua mushala, dua kamar ganti pemain, dan empat akses pintu masuk.

Sementara, untuk desain tribun baru akan dibuat persis seperti tribun utara selatan atau yang banyak disebut sebagai  tribun ‘madrasah’.  Istilah tribun ‘madrasah’ sendiri mengacu postingan yang sempat viral dari akun media facebook ‘stadion baru Indonesia’ yang berisi review stadion-stadion baru di Indonesia.

Dalam sebuah positingan, akun ‘stadion baru Indonesia’ tersebut menyebutkan kalau stadion Wergu Wetan merupakan stadion di Indonesia yang bangunan tribunnya mirip gedung madrasah atau kos-kosan.

“Untuk desainnya, persis seperti tribun lama sisi utara dan timur. Hanya saja, untuk tribun baru nanti tanpa atap,”ujar Minan.

Disinggung mengenai banyaknya komentar miring warga atas desain tribun yang tidak fungsional, Minan mengatakan kalau pihaknya hanya sekedar meneruskan grand desain yang sudah ada terlebih dulu.

“Jadi kami hanya meneruskan grand desain yang sudah ada,”ujarnya.

Pun dengan adanya ruko pada tribun baru yang nantinya akan menghadap ke sawah, Minan menyatakan kalau sisi timur tribun masih ada tanah kosong. Diharapkan, nanti Pemkab Kudus membangun jalan di sisi timur stadion sehingga ruko tersebut bisa dimanfaatkan.

“Sisi timur itu kan masih ada tanah pemda yang kosong. Jadi, nanti kalau sudah dibangun jalan kan ruko di bawah tribun kan bisa dimanfaatkan,”ujar Minan.

Tm-Ab