Sukirman : Mahasiswa Milenial Harus Tangguh dan Berkarakter
Narasumber acara PKKMB Unnes 2020 berfoto bersama di depan kampus Gunung Pati, Minggu (6/9/2020).

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Wakil Ketua DPRD Provinsi Jateng, Sukirman, mendorong para mahasiswa milenial bisa menjadi insan – insan pribadi yang tangguh dan juga memiliki karakter yang kuat.

 

Hal tersebut seperti yang diungkapkannya ketika menghadiri kegiatan daring Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Negeri Semarang (Unnes) 2020 di Gedung Rektorat Unnes, Gunung Pati, Minggu (6/9/2020) siang.

 

Kegiatan yang disiarkan langsung secara online (live streaming) di aplikasi YouTube dan Zoom tersebut mengambil tema utama ‘Membangun Insan Berkarakter untuk Indonesia Maju 2020’.

 

“Terkait soal kebangsaan dan sikap nasionalisme, setiap mahasiswa harus berkarakter saat menyikapi kondisi bangsa saat ini. Mahasiswa itu tidak hanya pintar akademik tapi juga mengimbanginya dengan kegiatan lain di kampus, seperti berorganisasi. Yang jelas, jadilah mahasiswa yang berkarakter sehingga menjadi mahasiswa milenial yang tangguh,” katanya.

 

Sukirman : Mahasiswa Milenial Harus Tangguh dan Berkarakter
Wakil Ketua DPRD Provinsi Jateng Fraksi PKB, Sukirman.

Sukirman juga mengaku sangat apresiatif dengan ribuan anak-anak muda yang telah diterima masuk sebagai mahasiswa di Kampus Unnes. Dalam kondisi itu, ia mengingatkan bahwa pengenalan kampus merupakan satu momentum yang selalu diingat. Namun, karena adanya protokol kesehatan, maka pengenalan kampus dilakukan secara daring.

 

“Unnes mengambil konsep konservasi di era globalisasi. Hal itu sangat baik untuk memberikan bekal bagi mahasiswa baru untuk lebih memahami lingkungan hidup,” kata legislator dari Fraksi PKB DPRD Provinsi Jateng itu.

Mahasiswa Menginspirasi dan Berjiwa Pemimpin

Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo, yang diundang secara khusus dalam sambutannya secara daring dari Jakarta mengatakan kalau pada 2020 ini Unnes menjadi peringkat kelima perguruan tinggi terbaik di Indonesia. Oleh karena itu, ia berharap mahasiswa baru mampu beradaptasi sehingga kelak bisa mengembangkan diri menjadi pemimpin.

 

Sukirman : Mahasiswa Milenial Harus Tangguh dan Berkarakter
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Dalam hal ini, kata dia, revitalisasi kepemimpinan tersebut perlu dilakukan, mengingat sekarang sudah memasuki Revolusi Industri 4.0. Untuk itu, generasi muda seperti mahasiswa milenial diharapkan bisa open minded saat dihadapkan pada semua informasi.

 

“Dengan begitu, generasi muda tidak cukup hanya pintar tapi juga berkarakter dengan wawasan kebangsaan yang kuat,” pesan Politikus Golkar itu.

 

Sementara itu, Rektor Unnes, Fatur Rokhman, dalam sambutannya menjelaskan bahwa setiap mahasiswa harus memiliki jiwa kepemimpinan untuk meraih kesuksesan di masa depan. Di Kampus Unnes, ada pelatihan kepemimpinan agar mahasiswa bisa berhasil.

 

Sukirman : Mahasiswa Milenial Harus Tangguh dan Berkarakter
PKKMB Unnes 2020 digelar daring dengan mengambil tema Membangun Insan Berkarakter untuk Indonesia Maju 2020

“Seperti pohon, kepemimpinan itu yang bertumbuh. Tumbuhkan benih kepemimpinan dengan beberapa cara. Diantaranya bersyukur, sadar perubahan, berkomitmen, meningkatkan kompetensi, dan berpartisipatif. Jadilah pemimpin yang bertumbuh dan menginspirasi. Berilah inspirasi kepada dunia mengenai kebanggaan menjadi mahasiswa Unnes,” kata Fatur. (adv)