Masyarakat penerima daging kurban dari UMP di Desa Sokoagung, Kecamatan Bagelen.

PURWOREJO (SUARABARU.ID)- Ada yang berbeda dengan penyaluran daging hewan kurban dari Universitas Muhammadiyah Purworejo (UMP) dalam Hari Raya Iduladha tahun ini. Menurut Ketua Panitia Kurban, Nif’an Nazudi, penyembelihan hewan kurban berlangsung pada Sabtu (1/8) atau bertepatan dengan 11 Dzulhijah 1441 H di kampus setempat.

“Penyembelihan hewan kurban yang bersumber dari dana mahasiswa, karyawan, dan dosen telah menjadi rutinitas tiap Iduladha. Namun, secara teknis penyaluran daging kurban dengan mengirimkan langsung ke beberapa desa sekaligus menyapa masyarakat, baru kali ini,” jelas Nif’an.

Pembagian daging kurban secara  langsung ke masyarakat sangat bagus untuk.

“Tahun depan kami akan berusaha meningkatkan  jumlah penerima dan jangkauan wilayah tebar kurban,” katanya.

Dijelaskan, ada sebanyak empat ekor sapi yang disembelih. Prosesi penyembelihan hewan kurban kali ini sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena dilaksanakan sesuai protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19. Antara lain memakai masker, sarung tangan, dan baju lengan panjang serta menjaga jarak.

“Sebelum penyembelihan juga telah dilakukan pemeriksaan hewan kurban oleh petugas dari Dinas Pertanian, Pangan, Kelautan dan Perikanan Kabupaten Purworejo,” jelas Nif’an.

Beberapa desa yang menjadi sasaran tebar kurban UMP antara lain ada di Kecamatan Purworejo, Kaligesing, Loano, Bener, Purwodadi, dan Bagelen. Salah satu wilayah terbut adalah Desa Sokoagung Kecamatan Bagelen. Dalam proses penyalurannya, UMP melibatkan para para dosen, karyawan dan mahasiswa yang tergabung dalam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM).

Ketua RT 2 RW 3 Dusun Karang Talun Desa Sokoagung, Qodir, mengucapkan terima kasih atas 27 paket daging yang telah diantarkan dan diterima langsung oleh warga.

“Alhamdulillah Pak, kemarin wilayah ini memang dapat 1 sapi dan 5 kambing. Namun itu harus merata dibagi lebih dari 300 KK. Ini ada dari UMP, saya selaku perwakilan warga sini mengucapkan terima kasih. Semoga UMP bisa lebih baik lagi dan berkah untuk semuanya,” ujar Qodir.

TALETHA