blank
Istri Pj. Bupati Jepara Ny. Edy Supriyanta menerima karangan bunga dari peserta karnaval

JEPARA (SUARABARU.ID)- Peringatan hari kelahiran ke-145 R.A Kartini di Jepara berlangsung meriah. Karnaval yang digelar di sepanjang Jalan Kartini pada Jumat (26/4-2024) pagi, melibatkan ribuan peserta dari unsur pelajar dan perwakilan berbagai organisasi. Semua peserta karnaval mengenakan kebaya, diberangkatkan dari kompleks tugu PKK oleh Asisten Administrasi Sekda Jepara Ronji.

Penjabat (Pj.) Bupati Jepara Edy Supriyanta menyebut, kegiatan ini digelar untuk mewarisi semangat R.A. Kartini sebagai pahlawan kemerdekaan nasional. Di depan warga yang memadati Jalan Kartini, dia hadir sarimbit menyaksikan karnaval bersama Forkopimda dan kepala perangkat daerah di panggung kehormatan. Panggung ini berada di depan Masjid Agung Baitul Makmur.

blankMenurutnya, lebih dari kemeriahan, ide dan gagasan R.A. Kartini harus diwarisi anak bangsa.
Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Jepara Ali Hidayat mengatakan, terdapat 109 sekolah SMP/MTs dan SMA/SMK/MA.

“Setiap sekolah mengirim peserta 10 hingga 50 siswi. Terima kasih, madrasah yang berada dalam kewenangan Kantor Kementerian Agama ikut mendukung kegiatan ini,” katanya.
Karnaval itu, kata Ali Hidayat, dimeriahkan marching band dari SMPN 6 Jepara.

Selain unsur sekolah, terdapat 54 organisasi remaja, ormas, ormas keagamaan, hingga organisasi profesi yang mengirim wakil antara 10 sampai 20 peserta.

blank
Kepala Disdikpora Ali Hidayat menyertai Asisten Administrasi Ronji melepas peserta karnaval

Sebelumnya telah dilakukan lomba keluwesan dan lomba joget yang diikuti oleh unsur pemerintah di lingkungan Jepara.

Di samping itu, pada hari ini dilakukan pemecahan rekor Muri makan pindang serani dengan target lebih dari 9200 porsi. Kegiatan yang diselenggarakan dalam rangka budaya gemar makan ikan, dilangsungkan di halaman Pendopo R.A. Kartini.

Hadepe

blank