blank
Guna mengantisipasi terjadinya karhutla, latihan secara rutin terus dilakukan. Foto: Hms-Resbla

BLORA (SUARABARU.ID)– Dalam rangka antisipasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla), Polres Blora melalui Polsek Jiken, menggelar apel latihan bersama peningkatan kemampuan penanggulangan karhutla. Ini dilakukan untuk pencegahan dan penanganan bencana karhutla di wilayah Kabupaten Blora, Selasa, (28/7/2020).

Kegiatan yang digelar di wilayah Desa Nglebur, Kecamatan Jiken itu dihadiri Adm KPH Cepu Ir Dhadut Sujanto, Forkopincam Jiken, Forkopincam Sambong, Pabin Cepu, BPBD Blora, serta anggota Satdalkarhutla dan Lembaga Masyarakat Desa Hutan setempat.

Kapolres Blora AKBP Ferry Irawan SIK, melalui Kapolsek Jiken Iptu Nur Dwi Edi SH MH mengatakan, latihan bersama ini untuk peningkatan kemampuan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan di wilayah KPH Cepu.

BACA JUGA : Sigapnya Serda Harno, Bantu Petani Jemur Jagung

”Ini sekaligus dijadikan tonggak awal dalam mengantisipasi, mencegah, memadamkan dan juga menegakkan hukum bagi pelaku pembakar hutan dan lahan di wilayah Kabupaten Blora,” kata Ipti Nur, di sela-sela latihan.

blank
Beberapa personel sedang bersiap, untuk menjalankan program latihan antisipasi karhutla. Foto: Hms-Resbla

Menurut dia, permasalahan karhutla ini menjadi perhatian dari pemerintah pusat, sehingga tiap tahun diberikan arahan khusus mengenai kebakaran hutan.

”Kami berharap, setelah pelatihan ini bisa menularkan kepada rekan-rekan yang lain, sehingga lebih profesional dalam penanganan karhutla,” imbuhnya.

Wahono-Riyan