blank
Penyemprotan disinfektan yang dilakukan kader PDIP bersama warga di Desa Jati Wetan, Kecamatan Jati. foto:Suarabaru.id

KUDUS (SUARABARU.ID) – Sejumlah kader PDI Perjuangan bersama warga menggelar penyemprotan disinfektan di pemukiman penduduk di Desa Jati Wetan, Kecamatan Jati, Minggu (26/7). Aksi tersebut dilakukan menyusul banyaknya warga yang terjangkit Covid-19.

Aksi penyemprotan tersebut dilakukan dengan menggunakan kendaraan terbuka yang bermuatan tangki berisikan cairan disinfektan. Dengan berkeliling, kader PDIP dan warga menyemprotkan cairan disinfektan dari rumah ke rumah.

Inisiator sekaligus penggagas kegiatan tersebut, H Rinduwan mengatakan penyemprotan tersebut merupakan bentuk kepedulian kader PDIP di wilayah Kecamatan Jati terhadap masih tingginya penularan Covid-19. Hingga kegiatan ini, kata Rinduwan, pihaknya sudah melakukan penyemprotan hingga enam kali.

“Kegiatan ini untuk keenam kalinya yang dilaksanakan kader PDIP bersama warga. Dan alhamdulillah, Jati Wetan yang semula zona merah, kini jumlah penderita yang terpapar Covid-10 sedikit demi sedikit mulai menurun,”ujar Rinduwan yang juga anggota Fraksi PDIP DPRD Kudus tersebut.

Menurut Rinduwan, biaya operasional penyemprotan tersebut semuanya merupakan iuran dari kader dan swadaya dari masyarakat. Upaya ini merupakan bentuk kesadaran warga membantu pemerintah menekan pandemi Covid-19.

Rinduwan menambahkan, saat melakukan penyemprotan, juga dilakukan sosialisasi ke warga untuk terus melaksanakan protokol kesehatan dalam aktifitasnya sehari-hari. Penerapan phisycal dan social distancing, serta kedisiplinan menggunakan masker, terus ditekankan agar angka penyebaran Covid-19 di wilayah tersebut bisa ditekan.

Berdasarkan data Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Kudus, wilayah Kecamatan Jati memiliki jumlah pasien positif tertinggi. Hingga Minggu (26/7), total jumlah pasien positif secara kumulatif di wilayah tersebut mencapai 108 pasien.

Atas kondisi tersebut, kata Rinduwan pihaknya terus menerus menggugah kesadaran warga untuk ikut membantu pemerintah dalam menekan penyebaran  wabah tersebut.

Tm-Ab