blank
Menteri Agama Fachrul Razi saat melantik Musta'in Ahmad Kepala Kantor Kemenag Kota Surakarta, menjadi Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jateng, di Auditorium HM Rasjidi, Kantor Kementerian Agama, Jakarta, Jumat (10/72020). Foto: dok/ist

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Menteri Agama RI Fachrul Razi, akhirnya melantik H Musta’in Ahmad SH MH, Kepala Kantor Kemenag Kota Surakarta, menjadi Kakanwil Kemenag Jateng, pada Jumat (10/7/2020) lalu.

Upacara  pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan covid-19, di Auditorium HM Rasjidi, Kantor Kementerian Agama, Jalan MH Thamrin Jakarta.

Selain melantik Musta’in, Menag juga melantik Prof Dr Phil Al Makin MA menjadi Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta, dan 19 pejabat Eselon II di lingkungan Kementerian Agama.

BACA JUGA : Jenazah Terduga Teroris yang Ditembak di Sukoharjo Diambil Keluarga

Musta’in Ahmad, lulusan S1 dan S2 Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret (UNS) itu, pernah menjadi Wakil Ketua Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor) Kabupaten Sukoharjo, dan A’wan Syuriyah PCNU Kabupaten Karanganyar.

Dia mengisi kekosongan jabatan yang selama beberapa bulan ditempati pejabat sementara Drs H Moh Ahyani MSi. Ahyani yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Bidang Penerangan Masyarakat, Zakat dan Wakaf (Penamas Zawa) menjadi Pjs Kakanwil Kemenag, sejak Drs H Farchani MM dimutasi ke Jakarta, November 2019.

Ada pun 19 pejabat Eselon II yang dilantik bersama Musta’in Ahmad yaitu Kepala Biro Umum Yayat Supriadi, Kepala Pusat Bimbingan dan Pendidikan Khonghucu Wawan Djunaedi, Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Waryono.

Selain itu ada pula Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri Subchan Cholid, Direktur Urusan Agama Katolik Albertus Triatmojo, Kapuslitbang Bimas Agama dan Layanan Keagamaan Muhammad Adlin Sila, Kapuslitbang Pendidikan Agama dan Keagamaan Sunarini.

Tidak Terlibat
Pejabat lain yang juga dilantik adalah, Kakanwil Kemenag Aceh Iqbal, Kakanwil Kemenag Lampung Juanda Naim, Kakanwil Kemenag Jabar Adib, Kakanwil Kemenag Gorontalo Syafrudin Baderung, Kakanwil Kemenag NTB M Zaidi dan Kakanwil Kemenag Maluku Jamaludin Bugis.

Sedangkan pejabat lain yang juga dilantik, Kakanwil Kemenag Bali Komang Sri Marheni, Karo Administrasi Umum dan Kepegawaian UIN Syarif Hidayatullah Ciputat Kastolan, Karo Administrasi Umum, Akademik dan Kemahasiswaan IAIN Ternate Syami Muhammad.

Kemudian Karo Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan Universitas Hindu Negeri Bagus Sugriwa Denpasar Ni Wayan Rustawati, dan Karo Administrasi Akademik, Kemahasiswaan dan Kerja Sama Universitas Hindu Negeri Bagus Sugriwa Denpasar I Nyoman Sueca.

Dalam sambutanya, Menteri Agama Fachrul Razi menegaskan, dirinya dan Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa’adi, tidak terlibat dalam seleksi jabatan Eselon I dan II di lingkungan Kementerian Agama.

”Seleksi jabatan Eselon I dan II ini sudah melewati proses yang cukup panjang dan ketat. Saya tegaskan, saya dan Wakil Menteri Agama tidak terlibat dalam seleksi yang dilakukan Tim Pansel,” kata Menag Fachrul Razi dalam keterangannya kepada para awak media, usai pelantikan.

Ditambahkannya, dirinya dan Wamen hanya melakukan monitoring saat proses seleksi berlangsung. Jadi kalau disebut Wakil Menteri Agama tidak dilibatkan dalam seleksi ini, ya memang kami tidak terlibat,” terang Menag.

Daring
Dirinya juga menegaskan, bila dipilihnya para pejabat yang dilantik itu tanpa ada intervensi, baik dari Menag, Wemenag, dan pejabat lainnya.

”Saya perlu tegaskan, mereka dipilih karena dipandang layak dan mampu untuk mengemban jabatan. Mereka tidak berhutang budi atau berhutang jasa kepada Menteri Agama, Wakil Menteri Agama, Sekjen atau siapa pun,” tegasnya.

Upacara pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan digelar dengan protokol kesehatan yang ketat. Sebanyak 12 pejabat hadir dalam pelantikan itu, delapan pejabat lainnya mengikuti prosesi pelantikan secara daring (dalam jaringan).

Kedelapan pejabat itu adalah, Kakanwil Kemenag Aceh, Gorontalo, NTB, Maluku, dan Kakanwil Kemenag Bali. Selain itu, Kepala Biro pada IAIN Ternate, dan dua Kepala Biro pada Universitas Hindu Negeri Bagus Sugriwa Denpasar.

Terlihat hadir saat pelantikan, Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa’adi, Plt Sekjen Nizar Ali, Plt Irjen, para Dirjen dan Staf Ahli Menag.

Riyan-Sol