Pencanangan Kampung Tangguhg Nusantara di Kecamatan Randublatung, Blora, dihadiri Pamatmil Polda Jateng Kombes (Pol) Muhammad Endro (kanan), Kapolres AKBP Ferry Irawan, Bupati Djoko Nugroho dan Kasdim Mayor (Inf) Budi Leksono (kiri). Foto : SB/Wahono

BLORA (SUARABARU.ID) – Program pembentukan Kampung Tangguh Nusantara (KTN) oleh Kepolisian Resor (Polres) Blora, terus berlanjut. Setelah di Kelurahan Mlangsen, Blora, kali ini terbentuk di Kecamatan Randublatung.

Pencanangan yang ke-29 Kampung Tangguh Nusantara, digeber di aula kantor Kecamatan Randublatung, Blora, Jawa Tengah, Jumat (19/6/2020), dihadiri Kabidkum selaku Perwira Pengamat Wilayah (Pamatwil) Polda Jateng, Kombes (Pol) Muhammad Endro.

Pepajabat lainya yang hadir, Bupati Djoko Nugroho, Kapolres AKBP Ferry Irawan, Wakapolres Kompol Joko Watoro, Kasdim Mayor Budi Leksono, pejabat utama Polres,Forkompincam dan para kepala desa se-Randublatung

Bupati Blora memberikan apresiasinya kepada Polres Blora, dimana hari ini di gelar pencanangan kampung Tangguh Nusantara di Kecamatan Randublatung, setelah sebelumnya dengan mencanangkan di banyak desa dan kelurahan.

“Terima kasih kepada Polda Jateng dan Polres Blora, degan Kampung Tangguh Nusantara ini, sangat bermanfaat bagi warga, terutama antisipasi covid-19,” kata Djoko Nugroho.

Bupati Blora menyatakan bahwa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) mendukung penuh pembentukan Kampung Tangguh Nusantara, karena dengan sinergitas banyak pihak akan tercipta kesehatan dan kebaikan bersama.

Kompak Mendukung

Kabidkum Kombes (Pol) Muhammad Endro, pejabat Pamatwil Polda Jateng, juga memberikan apresiasi atas kekompakan Forkompinda dan banyak di Blora dalam program Kampung Tangguh Nusantara ini.

Menurut Mantan Kasat Lantas Polres Blora itu, bahawa unsur pemerintah daerah, Polri dan TNI harus kompak dalam tugas pelayanan masyarakat, salah satunya adalah dalam kegiatan pencanangan kampung Tangguh.

“Membanggakan sekali, seluruh elemen masyarakat di Blora kompak dan mendukung pembentukan Kampung Siaga ini,” beber Endro.

Dengan kekompakan ini, lanjutnya, bisa menjadi pelopor bagi masyarakat agar lebih disiplin dalam menerapkan prosedur kesehatan untuk menjaga kesehatan bersama.

Dijelaskannya Pamatwil Polda Jateng, bahwa selain antisipasi covid-19, kampung Tangguh juga bertujuan untuk mewujudkan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) yang aman dan kondusif.

“Tentunya, kondusifitas wilayah juga menjadi tujuan utama kampung Tangguh Nusantara ini,” tambah Kepala Bidang Hukuim (Kabidkum) Polda Jateng.

Sementara itu Kapolres Blora .AKBP Ferry Irawan, menjelaskan pencanangan Kampung Tangguh Nusantara juga digelar bakti sosial dalam rangka peringatan Hari Bhayangkara ke -74, ini pencanangan yang ke-29 setelah di Kelurahan Mlangsen, Kecamatan Kota Blora.

“Hari Bhayangkara ke-74 ini berbeda dengan tahun sebelumnya, karena dalam situasi pandemi covid-19, maka fokuskan untuk  kegiatan sosial kesehatan masyarakat,” terang Kapolres Blora.

Wahono-trs