blank
Pengurus GMBK FOI Soloraya tengah menyerahkan bantuan paket sembako dalam acara di GOR UMS, Jum'at (15/5). (Dok/Bagus Adji )

SOLO (SUARABARU.ID) Foodbank Of Indonesia (FOI) menggandeng Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) dan bekerjasama dengan PT Heinz ABC Indonesia membagikan 5.000 paket sembako untuk masyarakat yang terdampak Covid-19 di wilayah eks karesidenan Surakarta (Solo Raya) dalam acara di GOR UMS, Jum’at (15/5). Kegiatan secara simbolis yang berlangsung merupakan rangkaian dari pembagian 117.000 paket sembako yang didistribusikan di 11 titik wilayah Indonesia.

Koordinator Operasional ‘Gerakan Mereka Butuh Kita’ (GMBK ) FOI Soloraya. MS Agung Wahyana dalam kata pengantarnya menyatakan, Dampak dari Covid- 19 menyebabkan pengabdian masyarakat merosot drastic dan tentu mengakibatkan terjadinya gangguan akses pangan. Untuk itu  FOI hadir untuk membantu masyarakat terdampak COVID-19. Pelaksanaan program GMBK berlangsung  dalam lima fase ,yaitu dropping, pengemasan, perencanaan distribusi, distribusi, laporan dan evaluasi. Dalam pelaksanaanya FOI Soloraya menggandeng relawan mandiri maupun organisasi lainnya.

Pemilihan kampus UMS sebagai tempat pengelolaan GMBK karena UMS memiliki gedung olahraga strategis dan mampu menampung 5.000 paket sembako yang siap didistribusikan. “FOI mempelopori ‘Gerakan Mereka Butuh Kita’. Yaitu gerakan pendistribusian makanan bernutrisi kepada kalangan rentan khusunya orang lanjut usia (lansia), pekerja lepas harian, tenaga kesehatan dan masyarakat yang membutuhkan bantuan pada umumnya ” ungkap MS Agung Wahyana

Bagus Adji