blank
Para tokoh alumni STM Pancasila 1 Wonogiri, menggelar reuni temu kangen. Buntutnya, membentuk kepengurusan guna melanggengkan kekancan (persabahatan) sesama alumni.(Dok.Begug SW)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Lagu “Kisah Kasih di Sekolah,”  diciptakan oleh Obbie Messakh dan dipopulerkan oleh Chrisye. Lagu yang dirilis 22 tahun lampau (Tahun 2002) ini, merupakan singel dari album milik Chrisye yang berjudul Dekade.

Lagu ‘Kisah Kasih di Sekolah’, menceritakan momen indah kisah cinta yang tumbuh di antara dua orang siswa. Meski tak harus persis dengan syair lagu populer tersebut, itu telah mengilhami para alumni SMK Pancasila 1 (dulu STM Pancasila) Kabupaten Wonogiri. Yakni untuk ngumpul bareng menggelar reuni, kangen-kangenan melepas rindu. Tujuannya, untuk mempererat tali silaturahmi sesama lulusan.

Bulan Syawal menjadi pilihan menggelar reuni. Karena banyak lulusan yang menyebar di seluruh Tanah Air, dapat berkesempatan datang bersamaan dengan acara mudik pulang kampung. Itu sebagaimana dilakukan oleh alumni Angakatan Tahun 1979/80, yang menggelar reuni di Rumah Sutrisno, Kampung Bahuresan, Kelurahan Giritirto, Kecamatan dan Kabupaten Wonogiri.

Koordinator Reuni, Begug SW, mengatakan, acara temu kangen ini diadakan Sabtu (27/4). ”Menjadi momentum berkumpul melepas rindu, setelah 35 tahun kami lulus dari STM Pancasila Wonogiri,” jelas Begug.

Acara reuni ini diprakasai oleh para almuni yang berdomisili di Wonogiri dan sekitarnya. Harapannya, ini dapat menggugah semua alumni untuk dapat mempererat tali silaturahmi sesama lulusan.

Periodik

”Acara ini sebetulnya sudah yang keduakalinya dilaksanakan,” jelas Begug SW. Namun masih banyak kendala, karena bersamaan dengan acara keluarga, bersamaan kegiatan sosial kemasyarakatan di lingkungannya masing-masing. Juga karena tidak semua yang bermukim di luar kota, punya kesempatan dapat pulang mudik untuk bergabung.

”Tapi teman-teman tetap bersemangat agar reuni tetap dilaksanakan secara periodik. Tujuannya supaya dapat langgeng (lestari) dalam menyambung tali silaturahmi untuk memperat persahabatan yang hakiki,” tandas Begug SW.

Dalam reuni tersebut, dibentuk Group WA guna memudahkan hubungan, termasuk yang bermukim di luar Provinsi Jawa Tengah.  Juga dibentuk Kepengurusan Alumni STM Pancasila 1 Wonogiri Periode 2024 – 2029. Personelnya terdiri aras Ketua Suwarman, Sekertaris Joko Waluyo dan Bendahara 1 dan 2 Umar Sukamto dan Daryanti.

Pengurus membicarakan rencana program kegiatan dan menggalang iuran. Termasuk kegiatan yang bersifat sosial, dengan mengagendakan pemberian santunan bagi alumni yang terkena musibah, seperti sakit dan opname di rumah sakit misalnya.

Tuan rumah, Sutrisno, memberikan apresiasi dan berharap pengurus dan para tokoh alumni dapat menjadi cikal bakal (embrio) dalam melestarikan kegiatan alumni. Termasuk menggelar pertemuan rutin pengrus, paling tidak sekali dalam 4 bulan. ”Untuk waktu dan tempatnya, ditentukan bagi yang akan ketempatan,” tambah Joko Waluyo.
Bambang Pur