blank
Kapolres Kebumen AKBP Rudy Cahya Kurniawan memegang Piagam sebgai Satuan Wilayah Terbaik dari Kapolda Jateng Irjen Rycko Amelza Dahniel di Mapolda Rabu 6/5.(Foto:SB/Ist)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Prestasi menggembirakan diraih jajaran Polres Kebumen. Bahkan Kapolda Jateng Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel memberikan penghargaan kepada Polres Kebumen sebagai Satuan Wilayah (Satwil) Terbaik lantaran berhasil melaksanakan Program Prioritas Kapolda Jateng 100 persen.

Penghargaan diberikan langsung oleh Kapolda Jateng Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel g kepada Kapolres Kebumen AKBP Rudy Cahya Kurniawan di Gedung Mapolda Jateng Semarang, Rabu (6/5).

Kapolres Kebumen AKBP Rudy Cahya Kurniawan saat dikonfirmasi mengungkapkan, meski menyandang terbaik, semangat harus tetap berkobar.”Terimakasih atas penghargaan dari Bapak Kapolda. Selanjutnya meski kami berhasil meraih terbaik, program prioritas Kapolda akan terus dilaksanakan dan ditingkatkan,”ujar AKBP Rudy Cahya Kurniawan.

Baca Juga: Sing Tak Sayang Ilang

Sebelumnya Kapolda Jateng Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel yang telah dipromosikan menjadi Kabaintelkam Mabes Polri  itu memang sempat beberapa kali mengunjungi dan menyaksikan langsung program yang dilaksanakan Polres Kebumen. Saat kunjungannya di Mapolres Kebumen pada Sabtu (29/2) malam, program unggulan nomor 1, Jateng “Rumah Semar” (rumah semangat anak membaca anak dan remaja) menjadi yang paling diatensi Kapolda Jateng.

blank
Kapolda Jateng Irjen Rycko Amelza Dahniel menyerahkan Piagam Satuan Wilayah Terbaik kepada Kapolres Kebumen AKBP Rudy Cahya Kurniawan.(Foto:SB/Ist)

Program nomor 1 ini bahkan telah digaungkan Polres Kebumen ke seluruh Polsek jajaran. Semua Polsek telah memiliki rumah baca masing-masing yang bisa diakses oleh masyarakat secara gratis. Bahkan ada mobil patroli Polsek direkayasa menjadi mobil perpustakaan Keliling yang datang ke sekolah dan ke warga. Program “Rumah Semar” menurut Kapolda  merupakan sebuah investasi Polri ke depan.

Melalui rumah baca yang dikelola oleh Polsek-Polsek, banyak didatangi anak-anak secara tidak langsung masyarakat akan melihat polisi dari sudut pandang lain (teman dekat). Anak-anak akan melihat polisi adalah sahabatnya. Adapun sembilan Progam Kapolda Jateng, yaitu:

  1. Jateng “Rumah Semar” di Polsek. Semar singkatan dari semangat membaca anak dan remaja.
  2. Jateng “Bersinar Terang”, yakni Jawa Tengah bersih dari Narkoba, radikalisme terorisme dan organisasi terlarang.
  3. Polisi siaga malam hari.
  4. Blusukan Kamtibmas, temui warga membangun komunikasi, hubungan personal dan jaringan.
  5. Polda Jateng “go green”, atau gerakan ayo nandur, ayo rawat.
  6. Polisi sejuta sahabat.
  7. Gerakan Sebar Emas, atau sehari bareng elemen masyarkat.
  8. ETLE atau electronic traffic law enforcement dan traffic body cam.
  9. Pemantapan operasional aplikasi berbasis android “Jogo Wargo Jogo Negoro yang bisa diunduh di play store.

Komper Wardopo

blank