blank
Pasar Kartasura di Kabupaten Sukoharjo. Foto: SKHnews

SUKOHARJO (SUARABARU.ID) – Stok barang bahan pokok menjelang bulan ramadan di Sukoharjo dipastikan aman. Masyarakat diminta tetap tenang dan tidak melakukan aksi borong.

Pedagang Pasar Kartasura, Sukoharjo Lastri mengatakan, harga daging ayam terus menurun karena sepi pembeli akibat penyebaran virus corona. Saat ini kisaran harganya diangka Rp 26 ribu/kilogram. Sebelumnya harga pada Februari sekitar Rp 32 ribu.

“Dua pekan lalu harga masih Rp 28 ribu per kilogram. Sekarang turun lagi hanya Rp 26 ribu per kilogram. Apabila kondisi sepi pembeli seperti sekarang kemungkinan harga akan terus turun meski bersamaan dengan saat puasa Ramadan,” ujarnya.

Sugeng, pedagang lainnya mengatakan hal senada. Selain daging ayam, harga gula pasir yang sebelumnhya sempat tinggi hingga Rp 19 ribu per kilogram sekarang sudah turun menjadi Rp 17.500 per kilogram. Turunya harga karena adanya penambahan stok dari pemerintah. Selain itu pedagang juga sudah mudah mendapat barang.

Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, Sukoharjo Sutarmo mengatakan, sejauh ini stok bahan pokok aman. Harga relatif stabil dan beberapa diantaranya justru mengalami penurunan menjelang puasa Ramadan.

Data dari Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Sukoharjo, harga gula pasir turun dari sebelumnya Rp 19 ribu menjadi Rp 17.500 per kilogram, daging ayam Rp 28 ribu menjadi Rp 26 ribu per kilogram, telur ayam Rp 23 ribu menjadi Rp 22 ribu per kilogram. Bawang merah stabil Rp 40 ribu per kilogram, bawang putih Rp 25 ribu per kilogram. Cabai rawit hijau harga tetap Rp 18 ribu per kilogram.

“Turunnya harga dan melimpahnya stok barang menjadi jaminan bagi masyarakat. Karena itu kami minta pada masyarakat untuk tetap tenang dan tidak melakukan aksi borong,” imbau Sutarmo.

Soes-trs