Bagikan
dr Joko Wantoro

SLAWI (SUARABARU.ID) – Salah seorang pasien yang masuk kategori pasien dalam pengawasan (PDP) dari Kecamatan Adiwerna, Kabupaten Tegal yang dirawat di RSUD dr Soeselo Slawi, meninggal hari Sabtu (4/4) pagi tadi.

PDP berjenis kelamin laki-laki dan berusia 39 tahun tersebut sudah dirawat selama empat hari di rumah sakit tersebut. “Sebelumnya diketahui yang bersangkutan memiliki riwayat perjalanan dari daerah terjangkit Covid-19,” kata juru bicara tim gugus tugas Covid-19 Kabupaten Tegal dr Joko Wantoro, Sabtu (4/4/2020) sore.

Menurut Joko, berdasarkan hasil tracking petugas kesehatan, pasien memiliki riwayat perjalanan dari pulau Bali. Akan tetapi terkait penyebab meninggalnya masih menunggu hasil tes swab.

“Tes swab sudah kami lakukan dua kali selama pasien dirawat di rumah sakit, terakhir kemarin hari Jumat, tapi sampai hari ini, hasilnya belum kami terima”, katanya.

Joko menambahkan, PDP datang sendiri ke rumah sakit empat hari lalu tanpa rujukan Puskesmas. “Dia memiliki riwayat penyakit penyerta atau komorbid yang sudah diderita sebelumnya seperti tuberkulosis dan penyakit lainnya,” ujar Joko.

Adanya sejumlah penyakit yang sudah dideritanya, lanjut Joko, membuat pihak rumah sakit belum bisa memastikan penyebab kematiannya, ditambah masih harus menunggu hasil uji laboratorium.

“Meski begitu, pada kasus ini kami terapkan prosedur penanganan covid-19 sebagai antisipasi kemungkinan terburuk pasien meninggal terpapar virus corona. Kami memberikan apresiasi kepada pemerintah desa dan warga desa setempat yang ikut membantu menyiapkan tempat untuk pemakamannya,” katanya.

Arif Rahman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here