blank

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Semarang memotong sebagian gajinya untuk turut menyumbang dalam penanganan coronavirus disease 2019 (Covid-19).

Ketua FPKS DPRD Kota Semarang Suharsono, Kamis (2/4/2020), mengatakan kalau gaji sebanyak enam anggota DPRD Kota Semarang dari F-PKS dipangkas untuk membantu menanggulangi penyebaran Covid-19.

Keenam anggota FPKS DPRD Kota Semarang tersebut adalah Suharsono (Wakil Ketua Komisi C), Muhammad Afif (Wakil Ketua DPRD Kota Semarang), Johan Rifai (Wakil Ketua Komisi B), M Sifin Almufti (Anggota Komisi D), Abdul Wahab (Anggota Komisi C) dan Jauhar Awaluddin (Anggota Komisi A).

Suharsono mengatakan, ada beberapa kegiatan untuk mempercepat penanganan Covid-19 di Kota Semarang dari gaji mereka.

“Antara lain membantu penyemprotan disinfektan di rumah rumah ibadah, juga di kampung dan RT/RW secara terus menerus, selain itu yang juga dilakukan adalah sosialisasi pencegahan Covid-19 lewat media sosial dan kanal media media harian,” kata Suharsono.

Gaji fraksi PKS tersebut, kata Suharsono, didistribusikan melalui satuan gugus tugas (Covid-19) yang dibentuk oleh Dewan Pengurus Daerah (DPD) PKS Kota Semarang.

“Dari gaji tersebut juga akan diberikan kepada masyarakat yang terdapat ekonomi akibat semakin menurunnya penghasilan akibat COVID-19,” tandasnya.

Menurut Suharsono, langkah ini untuk membantu pemerintah dalam menangani penyebaran virus Covid 19.

“Ini adalah upaya kecil dari kami, anggota Fraksi PKS, angkanya mungkin tak seberapa, dan yang tak kalah penting adalah kedisiplinan masyarakat untuk mengikuti imbauan pemerintah menerapkan physical distancing sehingga penyebaran Covid-19 bisa ditekan,” jelasnya.

Lebih lanjut, Suharsono mengatakan semua bantuan baik berupa barang melalui gaji anggota fraksi PKS DPRD Kota Semarang tersebut akan didistribusikan langsung melalui kader-kader PKS kepada masyarakat, khususnya di Kota Semarang.

“Kita berharap wabah Covid-19 ini akan segera berakhir,” pungkas pria yang juga Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) PKS Kota Semarang ini.

Hery Priyono