blank
STASIUN : Sejumlah petugas dari Dinkes, petugas medis Puskemas dan personil keamanan di Stasiun PT KAI di Cepu, Blora, aktif di posko pencegahan Virus Corona. Foto : SB/Wahono.

BLORA (SUARABARU.ID) – Jika masyarakat Blora, Jawa Tengah, ada yang mengalami batuk, demam tinggi, dan gangguan pernafasan (sesak nafas), segera periksa ke layanan kesehatan terdekat atau hubungi Posko Penanganan Covid-19.

“Posco Penanganan Covid-19 siaga 24 jam dengan nomor telepon (0296) 531127 atau aplikasi Tanggap PSC 119,” tandas pelaksana tugas (Plt) Dinas Kesehatan (Dinkes) Blora, Lilik Hernanto.

Menurutnya Lilik, hingga saat ini pihaknya telah melakukan pemetaan dan pemantauan pendatang dari luar negeri yang tiba di Blora, karena sudah ada 64 orang yang baru tiba dari luar negeri (LN).

“Dari 64 orang tersebut, kebanyakan dari Arab Saudi melaksanakan ibadah umroh,” lanjutnya

Rincian warga yang baru tiba dari luar negeri, 58 orang dari Arab Saudi, dua orang dari Arab Saudi-Malaysia, dua orang dari Malaysia-Vietnam, dan dua orang dari Singapura, tambah Lilik Hernanto.

Enam Orang

Dari 64 orang tersebut, setelah dipantau oleh tim kesehatan diperoleh hasil 58 orang dinyatakan sehat. Sedangkan enam lainnya ketika tiba di Blora dinyatakan kurang enak badan.

“Makanya untuk  enam orang yang kurang enak badan ini, terus didampingi oleh tim kesehatan,” beber Lilik.

Dari enam orang itu, lanjutnya, lima orang batuk, pilek dan demam, namun demamnya masih dibawah 36 derajat Celsius. Sedangkan satu orang lagi demam di atas 36 derajat Celsius, batuk, pilek, pusing dan nyeri tenggorokan.

Kepada enam orang tersebut, telah dilakukan pemantauan, dianjurkan untuk tidak keluar rumah, selalu memakai masker, dan makan makanan bergizi, sehingga kini kondisinya sudah dinyatakan sehat.

Lilik menambahkan, saat ini memang sudah ada dua WNI yang dinyatakan positif terkena Covid-19. Maka semua daerah di Indoensia, khusus Kabupaten Blora, telah bersiap melakukan pencegahan masuknya Virus Corona terebut.

Wahono-Wahyu