blank
Lionel Messi/dok

BARCELONA – Kehebatan Lionel Messi sulit berhenti. Messi (32), yang berjuluk La Pulga (Si Kutu), menjadi bintang Barcelona ketika memukul Real Valladolid 5-1 dalam lanjutan Liga Primera Spanyol (LaLiga) di Camp Nou, Rabu (30/10) dini hari WIB. Megabintang asal Argentina ini menyumbang dua gol dan menghasilkan dua assist. Gol La Blaugrana lain dicetak Clement Lenglet, Arturo Vidal, dan Luis Suarez. Balasan tim tamu diceploskan Kiko Olivas.

Bagi Messi, dengan dua gol ke gawang Valladolid, membuatnya sudah mengoleksi 101 gol di bawah asuhan Ernesto Valverde. Valverde pun kehabisan kata-kata pujian untuk Leo. “Bagus buat kami, tapi buruk untuk mereka. Dia mempunyai talenta yang tak dimiliki semua orang,” ungkap Valverde. Menurut mantan pelatih Athletic Bilbao itu, Messi bukan hanya melakukan pergerakan dan membuat lawan tak seimbang, melainkan juga melihat apa yang tidak orang lain lihat. Valverde benar-benar menikmati permainannya.

“Sekarang, dia terlihat lebih bugar. Kami senang, karena dia bermain sangat baik,” jelasnya. Aksi-aksi Si Kutu memang membius publik Camp Nou. Salah satunya adalah umpan cungkil yang dia lepaskan pada Vidal, dan berbuah gol kedua. Leo juga melepaskan umpan flick ke arah Ansu Fati menggunakan tempurung kaki. Sayang, bola gagal dikuasai Fati. Ramai pula dibahas di media sosial bagaimana La Pulga mengolongi Oscar Plano dengan satu sentuhan kecil. Penampilan Messi sekali lagi tetap brilian.

Selain Leo, Suarez juga menorehkan catatan manis. Striker berkebangsaan Uruguay itu kini sudah membobol gawang semua tim yang pernah dia hadapi di LaLiga. Tercatat 27 klub yang sudah jadi korban keganasan Suarez sejak membela Los Cules pada 2014. Secara keseluruhan, dia mengemas 135 gol dalam 171 kali penampilan di LaLiga. (rr)