blank

WONOGIRI – Parno (50), warga Lingkungan Banaran RT 1/RW 10, Kelurahan Ngarjosari, Kecamatan Tirtomoyo, Kabupaten Wonogiri, tewas tenggelam kecebur sumur. Pemicunya, karena korban tertarik karet tali timba dan terjerumus masuk ke dalam lubang sumur yang berkedalaman sekitar 18 meter.

Kapolres Wonogiri AKBP Uri Nartanti Istiwidayati dan Kapolsek Tirtomoyo AKP Sarno, melalui Kasubag Humas Polres Iptu Suwondo, Selasa (1/10), menyatakan, tragedi maut orang tewas kecebur sumur tersebut, dilaporkan ke Polsek Tirtomoyo Senin malam (20/9) pukul 20.15. Menyikapi laporan ini, jajaran Polsek segera mendatangi lokasi kejadian, untuk melakukan penanganan bersama personel Koramil Tirtomoyo, dan melakukan pemeriksaan korban dengan Tim medis dari Puskesmas Tirtomoyo.

Baca Juga: Aksi Massa Ricuh Polisi Menahan Delapan Tersangka, 12 Tersangka Anak-anak tidak Ditahan

Hasil pemeriksaan mayat yang dilakukan oleh tim medis Puskesmas Tirtomoyo, tidak menemukan tanda-tanda mencurigakan yang mengarah pada tindak pidana pembunuhan. Usai pemeriksaan, mayat Parno diserahkan kepada pihak keluarga, dengan disaksikan pamong desa setempat dan unsur Forkompincam Tirtomoyo.

Polisi yang melakukan penanganan di lokasi kejadian, juga meminta keterangan dari saksi Nyono (45) dan Manto (38), keduanya warga Lingkungan Banaran, Kelurahan Ngarjosari, Kecamatan Tirtomoyo, Kabupaten Wonogiri. Kepada petugas, kedua saksi menuturkan, kejadiannya berlangsung Senin petang (1/10) sekitar pukul 17.00. Saksi menyatakan, petang itu mendengar suara ”bluuuuung… ” seperti suara ada benda berat yang kecebur sumur milik Mukidi.

Setelah dilakukan pemeriksaan secara seksama, ternyata menemukan korban berada di dalam sumur. Kepada petugas, saksi menyebutkan korban menderita keterbelakangan mental. Petang itu, dia mendatangi sumur milik tetangganya, Mukidi, bermaksud ngangsu (mengambil air).

Tapi malang, saat menimba dia tidak kuat menarik karet tali timba, karena ember timba terisi penuh air dan berat. Sebagai akibatnya, dia justru tertarik kecebur ke dalam sumur dan mengalami tewas karena tenggelam. Kejadian ini, segera disampaikan ke warga sekitar dan ke pamong desa, untuk kemudian diteruskan ke Polsek Tirtomoyo. Korban berhasil dievakuasi, tapi dalam keadaan tewas.

suarabaru.id/Bambang Pur