blank
Relawan PMI saat membersihkan sampah di Kali Bening, (suarabaru.id/Doddy Ardjono)

 

MAGELANG- Menyambut HUT Ke 74 PMI pada 17 September 2019, relawan organisasi kemanusiaan itu melakukan gerakan kepedulian lingkungan dengan membersihkan sampah di Kali Bening.

Ketua PMI Kota Magelang Sumartono mengatakan, kegiatan bersih-bersih sampah yang dilaksanakan Minggu (15/9), merupakan salah satu bagian dari tugas PMI yang berlandaskan tujuh prinsip dasar Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional.

‘’Selain itu, kegiatan peduli lingkungan dilakukan juga untuk menggugah kepedulian warga terhadap kebersihan lingkungan masing-masing,’’ katanya Senin (16/9).

Dia mengajak penduduk utamanya yang tinggal di pinggir Kali Bening untuk tidak membuang sampah  ke sungai.

Sebenarnya, lanjut Sumartono yang menjabat Inspektur Inspektorat Kota Magelang, kegiatan memunguti sampah  akan dilaksanakan di sepanjang Jalan Pahlawan, di lokasi Kantor PMI.

Ternyata sepanjang jalan itu sudah bersih, maka dialihkan di aliran Kali Bening wilayah Kelurahan Potrobangsan.

Gerakan kepedulian lingkungan tersebut selain diikuti relawan dari PMI Kota Magelang dan didukung Dinas Lingkungan Hidup, juga diikuti  sejumlah mahasiswa Universitas Negeri Tidar (Untidar) Magelang yang tergabung dalam Korps Suka Relawan (KSR) Unit Untidar.

Sumartono mengatakan, pihaknya merencanakan  pelaksanaan upacara HUT Ke74 PMI tingkat Kota Magelang Rabu malam (17/9) di Taman A Yani, kompleks Badaan, Kota Magelang. (suarabaru.id/Doddy Ardjono)